Membangun Kebersamaan dengan Sepeda Onthel

6 November 2022
Banyak cara untuk membangun kebersamaan, salah satunya lewat hobi ngothel alias berkeliling menggunakan sepeda lawas. Untuk menwujudkan keguyuban antarpenggemar sepeda onthel, Komunitas Jawara Ngonthel (Kujang) bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Semarang menggelar ‘Grebeg Onthel Nusantara’, Sabtu dan Minggu (5-6/11/2022) di Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.
Pada kegiatan yang sekaligus memperingati dua tahun berdirinya Kujang Semarang itu, tak hanya ngonthel bersama menyusuri kampung-kampung di wilayah Sembungharjo, akan tetapi juga digelar srawung onthel, gelar seni budaya, flashmob Sembungharjo Menari bersama Komunitas Diajeng Semarang. Ada pula pentas musik, tumpengan, pameran mobil dan motor antik, serta penjualan aksesori sepeda onthel.
Menurut ketua panitia penyelenggara ‘Grebeg Onthel Nusantara’ Engkos Kosim, lebih dari 1.000 onthelis dan goweser onthel hadir di acara tersebut. Mereka datang dari sejumlah wilayah di Jawa, seperti Cirebon, Brebes, Pekalongan, Kendal, Jepara, Grobogan, Bekasi, dan Jakarta.
Beberapa di antaranya seperti peserta dari Jakarta, Bekasi, dan Bandung ngonthel dari kota asal. Kendati onthelis-onthelis itu tak lagi muda, namun mereka bersemangat menempuh perjalanan hingga sampai di Semarang. ‘Mereka sengaja naik sepeda dari kota asal untuk menghadiri keguyuban di Grebeg Onthel Nusantara,’ kata dia.

Images Lainnya

X