Angkat Potensi Warga lewat Kirab Budaya

6 November 2022
Kirab budaya dalam upaya mengangkat dan mengenalkan potensi warga digelar di Desa Pengkol, Kelurahan Mangunsari, Gunungpati, Sabtu (5/11/2022). Kegiatan tersebut diikuti ribuan warga dari enam RT di RW 1. Arak-arakan kendaraan hias dan rombongan warga, berjalan mengelilingi wilayah desa.
Menurut Ketua RW 1 Kelurahan Mangunsari, Giyanto, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara sedekah bumi atau merti desa yang digelar mulai Jumat (4/11/2022) hingga Minggu (6/11/2022). Selain karnaval, ada doa bersama, sadranan kubur, pengajian, pentas musi, jalan sehat, dan wayangan semalam suntuk.
Kegiatan tersebut juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berlimpahnya rezeki dan segala kemudahan yang diterima warga. Dengan adanya sedekah bumi, warga berharap Desa Pengkol khususnya di RW 1 Mangunsari semakin aman dan tentram.
Camat Gunungpati, Sabar Tri Mulyono menjelaskan, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatanbagian dari upaya pelestarian budaya. ‘Ini merupakan aset yang sangat berharga,’ katanya.
Kegiatan tersebut inisiatif warga. Dana kegiatan diperoleh dari iuran warga dan beberapa donator. Menurut Sabar Tri Mulyono, sedekah bumi yang digelar warga sangat spektakuler. Semua dari warga dan untuk warga.

Images Lainnya

X