Menikmati Kota Lama Semarang dari Sisi Lain

12 Oktober 2022
Kota Lama Semarang menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Kota Lunpia. Ada banyak bangunan bersejarah bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an di kawasan tersebut. Revitalisasi yang telah dilakukan di kawasan tersebut telah mengubah wajah yang dulunya “menyeramkan” menjadi cantik, tertata dan terpoles rapi.
Banyak kafe dengan segala konsep yang ditawarkan, bermunculan di Kota Lama Semarang. Bangunan-bangunan yang telah poles menjadi cantik, kerap dipakai wisatawan untuk latar belakang foto. Di kawasan ini terdapat banyak ikon Kota Lama Semarang yang terkenal seperti Gereja Blenduk, Pabrik Rokok Praoe Lajar, dan kawasan Stasiun Tawang.
Bangunan-bangunan tersebut adalah saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda. Upaya penyelamatan dan pelestarian bangunan cagar budaya terus dilakukan. Hanya saja, mahalnya biaya perawatan dan memperbaiki kembali gedung yang telah rusak sesuai aturan pelestarian bangunan cagar budaya, membuat pemilik atau pengelola menyerah. Mereka menunggu ada investor menyewa atau membeli bangunan tersebut.
Meski beberapa bangunan dibiarkan mangkrak dan bahkan rusak, sejumlah wisatawan tetap berdatangan menikmati bangunan yang sudah dipoles maupun yang masih apa adanya. Berikut foto-foto di kawasan Kota Lama Semarang dari sisi yang lain, yang diambil pada Minggu (9/10/2022) hingga Selasa (11/10/2022), bidikan wartawan foto Nugroho DS.

Images Lainnya

X