Prosesi Sadranan Lepen Warga Kledung Kabupaten Temanggung

8 Oktober 2022
Lepen Jurang dan Lepen Srebut merupakan sumber air penting bagi warga Desa/Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Tak hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, mata air tersebut juga menjadi sumber rezeki bagi masyarakat setempat.
Karena memiliki arti penting dan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, setiap tahun setelah musim tembakau, mereka menggelar Sadranan Lepen.
Tahun ini, prosesi itu dilaksanakan Jumat (7/10/2022) di lapangan desa setempat, sekaligus berbarengan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad. SAW.
Sejak pagi warga berbondong-bondong mendatangi dua sumber air tersebut dengan mambawa gunungan, tenong berisi ingkung, tumpeng, dan berbagai lauk. Selanjutnya mereka berdoa bersama. Setelah itu, mereka menuju ke lapangan desa untuk makan bersama.
Setelah doa, gunungan berisi berbagai sayuran, diperebutkan warga. Adapun tumpeng, ingkung, dan lauk dimakan bersama-sama. Kehadiran kesenian Tari Bangilun semakin menyemarakkan prosesi Sadranan Lepen Kledung. Selain di lapangan, kelompok kesenian tersebut juga menari di sumber air desa. Pada malam harinya, warga menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk.
Berikut foto-foto proses Sadranan Lepen warga Kledung, bidikan wartawan foto Nugroho DS

Images Lainnya

X