Tari Sayuk Rukun Getarkan Panggung Puncak FLG XXI

3 Oktober 2022
Tari Sayuk Rukun yang dibawakan sejumlah pemuda dari Sanggar Saujana, Keron, Merbabu menggetarkan panggung puncak Festival Lima Gunung (FLG) XXI, Minggu (2/10/2022). Gerakan atraktif para penari yang berkostum warna-warni berwujud binatang, diiringi hentakan berbagai alat musik tabuh, membuat panggung seolah ikut bergoyang. Penonton pun mendekati panggung, ada yang ikut berjoget, sementara lainnya mengabaikan tarian tersebut.
Pada puncak FLG XXI puluhan kelompok ikut mengisi dan memeriahkan acara, dari siang hingga malam hari. Ada juga kirab budaya yang diikuti semua pengisi acara.
Pada kesempatan itu, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid yang hadir di FLG XXI mendapat Lima Gunung Award 2022 dari seniman Komunitas Lima Gunung. Penghargaan tersebut bukan berwujud materiil seperti sertifikat atau piagam, akan tetapi berwujud penghargaan batin.
Penghargaan itu sebagai ingatan terhadap desa dengan masyarakat dan kearifan lokalnya. Pemberian penghargaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 21 kali. Sebelumnya, Yenny Wahid mengikuti kirab budaya festival tersebut dengan ditandu mengelilingi Dusun Mantran, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.
Berikut foto-foto puncak Festival Lima Gunung XXI, bidikan wartawan foto Nugroho DS.

Images Lainnya

X