Tari Obros Menghipnotis Penonton Festival Lima Gunung XXI

2 Oktober 2022
Tari Obros dari Dusun Petugan, Desa Jebengsari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang menghipnotis penonton Festival Lima Gunung XXI, Sabtu (2/10/2022). Begitu para penari beraksi, penonton yang memadati area sekitar panggung ikut menari. Teriakan penontong saling bersahutan. Bahkan, mereka meminta para penari tidak turun panggung meski waktu tampil telah habis.
Para penari dan pengiringnya mengenakan pakaian warna-warni bernuansa islami ala Timur Tengah, antara lain berjubah panjang, mengenakan properti tasbih berukuran besar dikalungkan di leher, memakai kaca mata berwarna gelap, dan bersurban. Dengan iringan rebana dan jedhor, gerakan dan lagu-lagu shalawat serta berisi dakwah mewarnai gerakan tarian mereka.
Festival Lima Gunung (FLG) XXI digelar di kawasan lereng Gunung Andong, Dusum Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. FLG XXI menyuguhkan pementasan tari, musik, kirab budaya, performa seni, pameran seni rupa, dan pidato kebudayaan yang melibatkan 1.135 seniman dari 63 kelompok kesenian Komunitas Lima Gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh). Juga jejaring komunitas tersebut dari luar daerah dan luar negeri.
Berikut foto-foto Festival Lima Gunung XXI hari ke-2 Sabtu (2/10/2022), bidikan wartawan foto Nugroho DS.

Images Lainnya

X