Merti Desa Rabu Pahing di Dusun Mantran Wetan

28 September 2022
Merti desa digelar warga di kaki Gunung Andong, tepatnya di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Rabu (28/9/2022). Tradisi sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa itu biasanya dilaksanakan Rabu pahing pada bulan Safar.
Akan tetapi, karena pada bulan itu tidak ada Rabu pahing, pelaksanaan tradisi Saparan diundur pada tanggal 2 bulan Mulud atau Rabu (28/9/2022). Tradisi itu diawali dengan kirab warga yang mengusung tumpeng dan ingkung. Mereka berjalan kaki dari ujung dusun hingga halaman rumah Kepala Dusun Mantran Wetan, Handoko.
Di antara tumpeng yang dibawa warga, ada satu yang berukuran besar, lengkap dengan sayuran hasil panen dan uba rampe lainnya. Selanjutnya mereka memanjatkan doa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar mendapatkan keselamatan, kehidupan tentram dan damai, serta mendapatkan hasil panen pertanian yang bagus. Warga juga berharap kegiatan-kegiatan yang digelar bisa berjalan lancar. Tak hanya pentas kesenian dalam rangka Saparan, akan tetapi juga gelaran Festival Lima Gunung 30 September-2 Oktober di dusun itu bisa berjalan lancar.
Setelah doa bersama, warga kemudian menggelar kesenian tradisional yang “wajib” dipentaskan, yakni “Jaran Kepang Papat”. Berikut foto-foto merti desa di Dusun Mantran Wetan bidikan wartawan foto Nugroho DS.

Images Lainnya

X