Poster Lukis Film Bioskop Diburu Orang

22 September 2022
Poster lukis film yang ditempel atau dipasang di gedung pertunjukan film, dulu, tak ada yang mencari atau mengoleksi. Setelah film selesai masa tayang, poster pun ikut diturunkan dan dibiarkan begitu saja. Ada yang memanfaatkannya untuk penutup warung kaki lima.
Kini, setelah muncul teknologi digital, poster lukis film bioskop menjadi barang istimewa. Kolektor barang antik atau penyuka barang seni memburunya. Ada yang dipasang di dinding rumah, ada pula yang memanfaatkannya untuk hiasan kafe atau restoran. Poster lukis pun “naik tahta”, menjadi barang yang berharga mahal.
Banyak bioskop menggunakan poster lukis film untuk menandakan pemutaran film-film di gedung tersebut. Satu bioskop, satu lukisan atau bahkan lebih dengan gambar adegan film yang sama. Akan tetapi di tiap kota pelukisnya berbeda-beda. Poster lukis itu menggunakan bahan kain blaco yang agak tebal dan dilukis dengan cat minyak.
Kini, zaman telah berubah. Hingga sekitar tahun 2000an, ciri khas lama bioskop perlahan mulai tergerus dengan lahirnya kemajuan teknologi yang menawarkan cara lebih mudah dan seirama dengan perkembangan zaman. Karena makin lama poster film lukis tergantikan oleh MMT, sekitar 2013 poster lukis mulai diburu orang.
Berikut poster-poster film bioskop bidikan pewarta foto Nugroho DS, yang dipajang di pameran bertema “Branjangan Vintage Parking”, 15-25 September 2022 di Rumah Popo Jalan Branjangan, kawasan Kota Lama Semarang.

Images Lainnya

X