Beasiswa Semesta Dorong Lahirnya Talenta-talenta Unggul di Bidang TI

- Minggu, 23 Mei 2021 | 13:20 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

SURABAYA, suaramerdeka.com - Komunitas Sevima kembali mengadakan Program Beasiswa Sevima Mencari Siswa Bertalenta atau "Semesta" untuk mahasiswa khusus jurusan teknologi informasi (TI). 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Prof Nizam mengapresiasi inisiatif Sevima yang peduli dan turut mendorong lahirnya talenta-talenta unggul di bidang TI. Karena ke depan peran para talenta di bidang TI akan semakin penting dalam kehidupan kita dan kemajuan dunia.

“Saya mengapresiasi inisiatif Sevima yang peduli dan turut mendorong lahirnya talenta-talenta di bidang TI melalui program nyata dalam bentuk Beasiswa Semesta 2021. Semangat gotong royong semacam ini sangat penting untuk mengakselerasi kemajuan SDM di Indonesia,” katanya.

Direktur Utama Sevima, Sugianto Halim mengatakan, program setotal Rp 275 juta ini, ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul, untuk bisa kuliah di kampus favorit di Surabaya dengan bantuan berupa bebas biaya uang semester hingga lulus sarjana (S1). Selain itu, mereka yang terpilih juga akan diajak bekerja di bidang TI dan memperoleh gaji bulanan.

"Saya berharap beasiswa ini dapat menjadi wujud peran aktif komunitas pendidikan tinggi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Sekaligus, sejalan dengan kolaborasi dunia usaha dengan dunia industri yang terus diusung Pemerintah dalam konsep Kampus Merdeka," katanya dalam rilisnya.

Di tahun ketiga diselenggarakannya Beasiswa Semesta, pihaknya selalu berusaha memperbanyak kuota penerima, meningkatkan kualitas dan menjalin kerja sama dengan berbagai sekolah, perguruan tinggi dan para pengambil kebijakan di pemerintahan.

Cara Pendaftaran

Untuk mendaftar di Beasiswa Semesta calon perserta harus memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/sederajat, maksimal lulusan tahun 2019, tidak terikat beasiswa lainnya, bersedia berdomisili di Surabaya dan berminat di bidang IT. Pndaftaran akan ditutup pada Jumat 4 Juni 2021.

Mahasiswa yang berminat dapat langsung mengisi formulir biodata dan berkas yang dibutuhkan, di maukuliah.id/beasiswa-semesta. Nantinya peserta yang telah mendaftar, akan menjalani tes berbasis komputer (CBT) dan tes kemampuan koding (hackaton). Semua dilakukan secara daring dari rumah para peserta masing-masing. 

Halaman:

Editor: Nugroho

Terkini

Kapan Hewan Harus Grooming, Pemilik Harus Tahu

Selasa, 12 Oktober 2021 | 07:00 WIB

Merchandise K-Pop Bikin Gemas, Begini Cara Belinya

Jumat, 17 September 2021 | 14:54 WIB

Hobi Menulis, Kanaya Sudah Terbitkan Empat Buku Cerita

Minggu, 5 September 2021 | 14:16 WIB

Channa, Predator Air Sungai Nan Ekostis Kini Digemari

Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:42 WIB
X