Aku Pintar Bentuk Komunitas Guru Pintar di Indonesia

- Jumat, 25 Desember 2020 | 05:03 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Seorang Guru dituntut berinovasi serta memberikan pengajaran yang menarik bagi Siswa. Sebagai bentuk mingkatkan kompetensi para Guru di Indonesia, Aku Pintar membentuk Komunitas Guru Pintar sebagai wadah pengembangan bagi Guru sejak Juli 2020.

"Melalui Komunitas Guru Pintar, kami berkomitmen untuk secara berkala membuat kegiatan webinar atau pelatihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan para Guru”, ujar Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar.

Sebagai kelanjutan dari kegiatan Webinar Series, Aku Pintar mengadakan program Kelas Guru Pintar yang ditujukan khusus bagi Komunitas Guru Pintar. Kegiatan tersebut berupa kelas pelatihan dan pendampingan kepada Guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keahlian untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) atau layanan bimbingan dan konseling.

Kegiatan Kelas Guru Pintar berlangsung dari 1 hingga 20 November 2020, diawali dengan kelas pelatihan, pendampingan, dan kelas evaluasi. Kelas Guru Pintar menghadirkan pelatihan menulis dan meng-edit video melalui Kelas Penulisan Kreatif dan Kelas Video Editing. Guna mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, para peserta wajib mengikuti proses seleksi terlebih dahulu yang akhirnya tersaring 62 peserta dari 250 guru yang tergabung dalam Komunitas Guru Pintar.

Dalam Kelas Penulisan Kreatif yang berlangsung dari 1 hingga 15 November 2020, Aku Pintar menghadirkan fasilitator profesional yaitu Wardah Fajri yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di dunia penulisan kreatif, jurnalisme, dan konten digital.

Kelas Video Editing berlangsung dari 1 hingga 20 November 2020 yang melibatkan fasilitator profesional di bidang sinematografi dan pendidikan yaitu Andri Sofyansyah, Sutradara Film sekaligus Editor Film Profesional serta Sudirman Hafiz, Guru dan Kreator Konten.

Dalam program Webinar dan Kelas Guru Pintar ini, Aku Pintar kembali bersinergi dengan Rumah Guru BK (RGBK), sebuah komunitas yang menaungi Guru BK sebagai sarana untuk berbagi dan berkembang bersama agar menjadi guru BK yang profesional. “Aku Pintar dan RGBK memiliki visi yang sama khususnya dalam upaya memfasilitasi dan memberdayakan serta meningkatkan kompetensi Guru BK”, ujar Ana Susanti, selaku Founder Rumah Guru BK.

Program Pahlawan Guru Pintar

Selain program Kelas Guru Pintar, Aku Pintar juga menghadirkan Pahlawan Guru Pintar yaitu sebuah kompetisi berhadiah bagi Guru yang tergabung di Komunitas Guru Pintar. Kompetisi ini dihadirkan untuk memberikan dukungan sekaligus apresiasi bagi Guru yang aktif dalam menggunakan dan mensosialisasikan aplikasi Aku Pintar dalam KBM. Penilaian dilakukan atas dua kategori yakni kepada Guru di daerah 3T (tertinggal-terdepan-terluar) dan Non 3T.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Sarungan, Cityzen Semarang Berbagi di Panti

Senin, 10 Mei 2021 | 10:36 WIB

Budiyanto Kembali Pimpin TKCI Salatiga

Sabtu, 3 April 2021 | 07:05 WIB

Komunitas Cah Kendal Ra Peduli Penderita Hidrosefalus

Selasa, 12 Januari 2021 | 14:00 WIB

Aku Pintar Bentuk Komunitas Guru Pintar di Indonesia

Jumat, 25 Desember 2020 | 05:03 WIB

Libatkan Masyarakat, Komunitas Zumba Ajak Jaga Imunitas

Selasa, 22 Desember 2020 | 17:18 WIB
X