Touring Club Indonesia Deklarasi di Tawangmangu

- Minggu, 22 November 2020 | 06:54 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

TOURING yang berarti pesiar, bukan semata-mata kegiatan hura-hura yang menghambur-hamburkan uang untuk bersenang-senang. Tapi justru sebaliknya, touring bisa menjadi kegiatan produktif, selain kegiatan sosial.

Seperti yang dilakukan Touring Club Indonesia (TCI), sebuah perkumpulan dari berbagai komunitas otomotif di Jawa, yang menggelar deklarasi di kawasan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu - Minggu, (21-22/11).

Sesudah keluar dari pintu tol Kebakkramat Karanganyar, mereka membagikan sejumlah masker di beberapa titik di sepanjang perjalanan di Jalan Lawu menuju Tawangmangu. Di Bejen, rombongan menggelar bakti sosial dan memberi bantuan sembako di dua panti asuhan, yakni Panti Asuhan putra Muhammadiyah dan Panti Asuhan Aisyiyah untuk yang putri.

"Bhakti sosial merupakan bentuk kepedulian kami pada orang-orang yang membutuhkan," kata dewan pengawas TCI, Tedy Nugraha, usai bagi-bagi masker di terminal dan pasar.

Sementara itu, deklarasi TCI yang digelar malam hari di Hotel Pondok Asri Tawangmangu berlangsung meriah. Para peserta touring dari berbagai kabupaten/kota di lima provinsi di Jawa bertemu. Selain ikrar dan janji, mereka juga membuat tata tertib atau aturan main organiaasi. Tidak lupa visi misi organisasi, berikut tujuannya.

Deklarasi berlangsung lancar, akrab dan penuh kekeluargaan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Turut hadir di deklarasi, Sekretaris Jendral Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia, Jeffrey serta komunitas Pajero Indonesia.

Ketua Umum TCI, Budhi Heryanto mengatakan, Touring Club Indonesia adalah perkumpulan dari berbagai komunitas para pengguna mobil penggemar touring dengan prinsip tidak melihat perbedaan baik dari sisi merk kendaraan, tipe, dan warna serta pengendara.

Komunitas bersifat independen, mandiri, kreatif serta menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan toleransi diantara para anggota. Itu menggambarkan ciri khas bangsa Indonesia yang majemuk dengan berbagai suku, bangsa, agama serta keragaman budaya dan keindahan alamnya.

Karena itu, lanjut dia, TCI melalui program touringnya akan berperan dalam menjaga dan memperkenalkan wisata alam, kuliner dan budaya nusantara, di level nasional maupun internasional. Dengan program program touring wisata itu, diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di berbagai daerah serta membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang saat ini sedang lesu akibat pandemi covid-19.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Kapan Hewan Harus Grooming, Pemilik Harus Tahu

Selasa, 12 Oktober 2021 | 07:00 WIB

Merchandise K-Pop Bikin Gemas, Begini Cara Belinya

Jumat, 17 September 2021 | 14:54 WIB

Hobi Menulis, Kanaya Sudah Terbitkan Empat Buku Cerita

Minggu, 5 September 2021 | 14:16 WIB
X