Adisurya Abd: Festival Film Idealnya Dilakukan Saat Industri di Jalur yang Benar

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 10:25 WIB
Ilustrasi Festival film. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi Festival film. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam waktu dekat ini, dua festival film akan berlangsung di Jakarta. Yaitu Festival Film Indonesia (FFI) dan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI).

Jika FFI menurut rencana akan berpuncak pada tanggal 10 November 2021. FFWI akan memusatkan kegiatannya pada tanggal 28 Oktober 2021.

Sebagai sebuah festival, di mata penggiat, sutradara dan produser film Adisurya Abdy, kedua festival di atas, juga beberapa festival film lainnya, bagus pada dasarnya.

Hanya dalam kondisi istimewa seperti sekarang, seperti amukan pandemi Covid-19 yang belum mereda, menurut Adisurya Abdy harus ada penyesuaian-penyesuaian dalam penyelenggaraannya.

Baca Juga: Pelajar di Banjarnegara Dominasi Kompetisi FFP 2021

"Festival film itu sebaiknya dilakukan pada saat industri film tumbuh dan berada di situasi yang sehat, sehingga festival (film) berada di jalur yang benar," kata Adisurya Abdy dalam YouTube Kronik Film Sinematek, yang diasuh Akhlis Suryapati, Ketua Sinematek Indonesia, baru-baru ini.

Adisurya Abdy, yang notabene mantan Ketua Sinematek Indonesia menambahkan, jika festival film diselenggarakan pada saat industri film sehat, dapat menjadi tolak ukur perkembangan film itu sendiri.

"Sehingga festival bisa menjadi tolak ukur kemajuan atau kemunduran industri film Indonesia, saat itu. Atau barometer," imbuh Adisurya.

Meski demikian, imbuh dia, dengan kondisi seperti saat ini, ada bagusnya festival tetap dipertahankan.

Baca Juga: Juventus Kalah dari Empoli, Allegri: Kami Harusnya Main Lebih Tenang

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X