Baru Dirilis, Film Animasi Edukasi Si Baja Berbahasa Jawa untuk TK-SD

- Jumat, 9 Desember 2022 | 08:46 WIB
Tim Matching Found Vokasi Prodi Animasi ISI Yogyakarta pembuat film animasi edukasi Si Baja, dikenalkan saat peluncuran di Hotel Laras Asri Salatiga. () (SM/Surya Yuli P)
Tim Matching Found Vokasi Prodi Animasi ISI Yogyakarta pembuat film animasi edukasi Si Baja, dikenalkan saat peluncuran di Hotel Laras Asri Salatiga. () (SM/Surya Yuli P)

SALATIGA,suaramerdeka.com - Produk karya anak negeri, berupa film animasi pendidikan berbahasa jawa dengan judul ''Si Baja'' diluncurkan penayangannya Hotel Laras Asri Salatiga, Kamis (8/12/2022). 

Sejumlah guru tingkat SD yang mengajar di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, menyaksikan episode I dan II dari 10 episode yang sudah dipersiapkan Tim Matching Found Vokasi Prodi Animasi ISI Yogyakarta.

Pembuatan film animasi edukasi, berawal dari keresahan tentang semakin berkurangnya penuturan bahasa Jawa, khususnya untuk anak-anak sekolah dasar dan taman kanak-kanak. 

Baca Juga: Dongeng Anak Khatulistiwa : Teman Baru di Sekolah dan Datangnya Kabut Tebal (2)

"Kemudian muncul ide membuat film serial animasi Si Baja," kata Ketua Tim Matching Found Vokasi Prodi Animasi ISI Yogyakarta, Kathryn Widhiyanti, saat peluncuran Si Baja di Hotel Laras Asri Salatiga.

Film tersebut menceritakan keseharian anak-anak berinteraksi dengan orang tua, saudara, teman dan lingkungan sekitar. 

Karakter utama dalam film animasi Si Baja ini yakni Baja, Kelik, Wage, Kirana, dan Melody (anak bule pandai berbahasa jawa). 

Baca Juga: Merpati Balap Tinggian yang Top Markotop, Ini Ciri-Cirinya

Kelima karakter itu berdialog bahasa Jawa sehari-hari untuk mengajak audiens yakni siswa SD dan taman kanak-kanak, terbiasa bahasa Jawa.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X