Festival Film Wartawan Indonesia Mulai Sejarah Baru, Hadiahkan 30 Piala

- Senin, 12 Juli 2021 | 12:37 WIB
Logo FFWI. (suaramerdeka.com / dok)
Logo FFWI. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XI 2021 akan menyediakan 30 piala bagi para pemenang dan piala khusus.

“Banyaknya piala ini sekaligus menjadi salah satu pembeda  FFWI dengan berbagai festival film lainnya,” kata ketua panitia FFWI, Wina Armada Sukardi, di Jakarta, Senin (12/7/2021).

 FFWI akan  memulai sejarah baru  dalam perfilman Indonesia, yakni tidak hanya menilai karya film yang telah ditayangkan di bioskop, tapi juga memberikan penilaian terhadap karya film yang ditayangkan di media over the top atau OTT.

Baca Juga: PPKM Darurat Diberlakukan, SRTP Bisa Hambat Kelancaran Distribusi Pangan

“Saya kira ini baru pertama kalinya  terjadi di Indonesia. Arti penting sistem penilaian ini, menunjukan FFWI sangat mengadopsi perkembangan teknologi komunikasi.” imbuh Wina Armada, sembari memprediksi, langkah FFWI bakal diikuti okeh berbagai festival film lainnya di Indonesia.

Selain itu, FFWI juga menilai film peserta berdasarkan genre, atau masing-masing jenis film.

Menurut Wina, penilaian berdasarkan genre film akan memunculkan insan film yang dalam festival  film “konvensional”  sulit menjadi pemenang dan mendapat piala, dalam FFWI  hambatan itu dapat diatasi.

“Jadi penilaian film head to head atau apple to apple berdasarkan karya film sejenis. Dengan demikian ini dapat lebih fair,” katanya.

Baca Juga: Dukungan Pangeran William Belum Cukup bagi Inggris Juarai Euro 2020

Cara penilaian  berdasar genre, tambah Wina Armada, juga akan memberikan dampak positif buat perkembangan perfilman nasional Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMW Astra Rilis Film Pendek Pertama, Elipsis

Jumat, 16 Juli 2021 | 10:11 WIB

WeTV Original Kaget Nikah, Bertabur Bintang

Sabtu, 26 Juni 2021 | 10:40 WIB
X