Kisah Sejarah; Ketika Dangdut Jawa Diterima Generasi Muda

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Farel Prayoga, penyanyi cilik yang tampil mengesankan di Istana Negara membawakan lagu dangdut Jawa 'Ojo Dibandingke', bukti dangdut Jawa disukai anak muda. Instagram @farel.prayoga.official
Farel Prayoga, penyanyi cilik yang tampil mengesankan di Istana Negara membawakan lagu dangdut Jawa 'Ojo Dibandingke', bukti dangdut Jawa disukai anak muda. Instagram @farel.prayoga.official

SAAT ini musik dangdut Jawa tengah menjadi idola. Anak muda tak peduli dari berbagai golongan dan lapisan, sama-sama menyukai genre dangdut Jawa.

Terbukti baru-baru ini, Farel Prayoga, siswa kelas 6 SD asal Bayuwangi yang tampil di Istana Negara membawakan lagu dangdut Jawa (ada yang menyebut campursari atau dangdut koplo), 'Ojo Dibandingke'.

Berbeda dengan era 1970-an atau 1980-an, berdasarkan  catatan Kisah Sejarah saat itu banyak remaja atau anak muda yang tutup kuping ketika mendengar lagu dangdut Jawa.

Tidak heran bila pada masa itu musik atau lagu dangdut Jawa seolah tidak mendapatkan pendengar juga penggemar. 

Baca Juga: Hip hip Hura, 7 Zodiak Ini Bakal Dihujani Keberuntungan, Banjir Rezeki Termasuk Cuan

Kisah Sejarah dangdut Jawa sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1970-an, ketika grup band legendaris Koes Plus mencoba peruntungan pasar dengan merilis album Pop Melayu Jawa di tahun 1976.

Lagu 'Mesakke' yang dibawakan Yok Koeswoyo di album tersebut kurang mendapat respon dari pasar juga penikmat musik apalagi penggemar Koes Plus. 

Sehingga Koes Plus hanya menghasilkan 1 album pop melayu Jawa di bawah label Remaco.

Tidak mau ketinggalan dengan Koes Plus, No Koes yang digawangi Nomo Koeswoyo (mantan drummer Koes Bersaudara) juga merilis album pop melayu Jawa yang mengandalkan lagu 'Jaranan'.

Baca Juga: Bahagianya 6 Zodiak Ini, Ditakdirkan Paling Hoki dalam Hidupnya, Rezeki dan Cuan Berdatangan

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Sejarah; Lambada, Sempat Tersandung Plagiatisme

Senin, 28 November 2022 | 21:59 WIB
X