Kisah Sejarah; Led Zeppelin (4), Bertahan dan Berakhir di Tengah Gempuran New Wave

- Minggu, 27 Maret 2022 | 21:52 WIB
Kisah Sejarah; Led Zeppelin (4), bertahan dan berakhir di tengah gempuran new wave. (foto: New Musical Express)
Kisah Sejarah; Led Zeppelin (4), bertahan dan berakhir di tengah gempuran new wave. (foto: New Musical Express)

MINGGU lalu telah dikisahkan Led Zeppelin yang terus menerus meraih sukses dengan album-albumnya, diikuti dengan tour shownya ke berbagai negara.

Meski di tahun 1970an genre musik terus bertambah. Namun Led Zeppelin terus melahirkan gagasan bermusik di dalam album-albumnya dan tetap bertahan.

Kisah Sejarah mencatat, Led Zeppelin terus bertahan meski saat itu di tahun 1970an mulai muncul new wave, punk, disco. Namun pada akhirnya, Led Zeppelin harus berakhir di tengah gemuruh new wave.

Baca Juga: Ini Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Kode Redeem FF Garena Terbaru

Pada tahun 1973, Led Zeppelin merilis album House of Holly. Album ini menyajikan komposisi 'Dyer Maker' yang berirama white reggae. Belakangan 'Dyer Maker' menjadi populer lagi di tahun 1995 lewat alunan vokal Sherryl Crow dari album Tribute to Led Zeppelin - Econium.

Selain itu Led Zeppelin juga memainkan jazz rock pada komposisi 'The Crunge' atau 'The Song Remain The Same'. Pada intro lagu 'The Song Remain The Same', pola permainan drum John Bonham juga ditiru Phil Collins untuk intro lagu 'Behind the Line' nya Genesis di album Duke (1980).

Sayangnya, sampul album House of Holly sempat memicu kritikan, karena menampilkan foto 'dewasa'.

Baca Juga: Bagaimana Cara Klaim Kode Redeem FF Garena Terbaru? Ikuti Prosedur Ini

Pada album berikutnya, Psychal Grafity (1975), Led Zeppelin menyodorkan 'Khasmir' yang menyisipkan unsur string orchestra dan memasukkan sedikit unsur timur tengah di dalam nadanya.

Led Zeppelin semakin produktif dengan karya-karya mereka. Kesan cuek tersirat dalam pribadi mereka terhadap serbuan musik punk dengan terus menerus merilis album studio, termasuk live album The Song Remain The Same yang dirilis tahun 1976.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Sejarah; Lambada, Sempat Tersandung Plagiatisme

Senin, 28 November 2022 | 21:59 WIB
X