Ngumpet di Bawah Jembatan Saat Kereta Api Lewat, Aksi Youtuber Dede Inoen Bisa Kena Hukum

- Selasa, 22 Maret 2022 | 10:14 WIB
youtuber Dede Inoen. (foto: IG jurnalis)
youtuber Dede Inoen. (foto: IG jurnalis)

CIANJUR, suaramerdeka.com - Youtuber asal Cianjur, Dede Inoen terancam hukuman usai video sembunyi di bawah jembatan kereta api saat kereta api sedang melintas.

Konten berbahaya dan tidak untuk ditiru itu diunggah Dede pada Desember 2021 lalu, namun baru viral belakangan ini.

Aksi berbahaya Dede Inoen ini bisa mengakibatkan Dede Inoen dipenjara selama 3 bulan atau didenda Rp 15 juta atas aksi nekatnya sesuai Pasal 199 UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Baca Juga: Weton Selasa Pahing Menurut Primbon Jawa Juga Gemar Membantah, Banyak yang Menjauhinya

Pasal 199 itu berbunyi Setiap orang yang berada di ruang manfaat jalan kereta api, menyeret barang di atas atau melintasi jalur kereta api tanpa hak, dan menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain selain untuk angkutan kereta api yang dapat mengganggu perjalanan kereta api sebagaimana dimaksud dalam Pasal 181 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan dan atau denda paling banyak Rp 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah).

"Karena tentunya ini juga bisa terkait kasus hukum kalau seperti ini, akan ada sanksi 3 bulan atau denda Rp 15 juta bagi mereka yang berada di jalur kereta api," kata Manajer Humas Daop 2 PT KAI Kuswardoyo, baru-baru ini.

Kuswardoyo pun mengingatkan Dede Inoen agar tak terjerat sanksi hukum atas aksi berbahayanya itu.

Baca Juga: Weton Selasa Pahing Menurut Primbon Jawa Orangnya Selalu Menjaga Kebersihan

Ia berharap Dede segera menyampaikan klarifikasi dan permintaan maaf, lalu diunggah di platform media sosialnya supaya bisa dilihat orang lain.

"Jangan sampai kena sanksi hukum lah. Makanya ketika kemarin kami tahu video itu, kita langsung hubungi kantor pusat untuk ditangani, mudah-mudahan yang bersangkutan juga bisa segera menyadari dan paling tidak membuat video klarifikasi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X