Kisah Sejarah; Led Zeppelin (3), Terus Bereksperimen dalam Musik Rock

- Minggu, 20 Maret 2022 | 21:39 WIB
Kisah Sejarah; Led Zeppelin (3), mulai bereksperiman dalam musik rock. (foto: IG Led Zeppelin - Jimmy Page Collection)
Kisah Sejarah; Led Zeppelin (3), mulai bereksperiman dalam musik rock. (foto: IG Led Zeppelin - Jimmy Page Collection)

MINGGU lalu sudah dikisahkan Led Zeppelin yang didirikan akhir tahun 1968 dan awalnya mengusung nama New Yardbird, namun kemudian diubah namanya jadi Led Zeppelin.

Kisah Sejarah mencatat, Led Zeppelin selanjutnya rajin merilis album hampir setiap tahunnya dan bereksperimen dalam musik rock.

Hal itu dibuktikan saat Led Zeppelin merekam debut albumnya, Led Zeppelin (1969), terdapat sajian musik etnik India pada nomor 'Black Mountain Tab', atau sentuhan progresif rock pada komposisi lawas Joan Baez, 'Baby I'm Gonna Leave You'.

Baca Juga: Ini Cara Klaim Kode Redeem FF Garena Terbaru, Ikuti 4 Langkah

Begitu pula saat merekam album Led Zeppelin II (1969). Led Zeppelin merekam album kedua ini ketika mereka telah hijrah ke Amerika atas ajakan manajer Peter Grant.

Pada album Led Zeppelin II yang menghasilkan hits "Whole Lotta Love', di nomor ini John Bonham menyisipkan pukulan drum yang tidak lazim. Yaitu menabuh drum di bagian jeda lagu hanya dengan telapak tangan. Sehingga ketukannya terdengar seperti bit bit musik dangdut.

Selain itu Jimmy Page asyik bereksperimen dengan sound efek gitarnya. Sedangkan Jon Paul Jones pada nomor 'Whole Lotta Love' sepertinya terpengaruh part part bas pada lagu 'Helter Skelter' nya The Beatles di White Album (1968).

Baca Juga: Hanya 7 Kode Redeem FF Garena Terbaru 20 Maret 2022 yang Tersedia, Gercep Rebut dan Klaim

Album ini juga menyajikan komposisi 'Moby Dick' yang tidak terlalu panjang, namun saat konser dibawakan hingga durasi lebih dari 42 menit!

Album Led Zeppelin II sukses secara komersial. Nama Led Zeppelin pun semakin melambung beriringan dengan nama band rock lainnya macam Deep Purple atau Black Sabbath.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X