Soal Ceramah Oki Setiana Dewi, Komnas Perempuan: Tidak Berempati pada Korban KDRT

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 08:12 WIB
Potongan ceramah Oki Setiana Dewi yang sempat viral karena dinilai permisif terhadap KDRT (Tangkapan layar YouTube @Oki Setiana Dewi)
Potongan ceramah Oki Setiana Dewi yang sempat viral karena dinilai permisif terhadap KDRT (Tangkapan layar YouTube @Oki Setiana Dewi)

Suaramerdeka.com - Oki Setiana Dewi masih menjadi perhatian khalayak ramai usai ceramahnya soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) viral di media sosial.

Dari ceramahnya itu, Oki Setiana Dewi dianggap menormalisasikan KDRTkarena meminta seorang istri untuk bersabar meski mendapat tindakan kekerasan secara fisik oleh suaminya.

Komisioner Komnas Perempuan Maria Ulfah Anshor turut mengomentari ceramah Oki Setiana Dewi tersebut, yang menurutnya tidak memiliki rasa empata terhadap korban KDRT.

Pasalnya, dalam ceramahnya, Oki Setiana Dewi mengatakan bahwa perempuan biasanya melebih-lebihkan saat menceritakan sesuatu.

Baca Juga: Gempa M 5,5 Guncang Banten: Warga Sempat Panik, Belum Ada Laporan Kerusakan

“Yang pertama, dia menunjukkan bahwa tidak berempati pada korban KDRT. Karena dia mengatakan biasanya perempuan kalau bercerita suka melebih-lebihkan ini. Itu menurut saya, dia memang tidak berempati dengan korban,” kata Maria, dikutip Suaramerdeka.com dari Antara, Jumat, 4 Februari 2022.

Maria juga meminta agar Oki harus memahami isu soal KDRT sebelum menyampaikan ke publik sekaligus meminta pendakwah untuk melihat dari dua sudut pandang bila ingin menyampaikan ke khalayak ramai.

Maria pun menjelaskan substansi KDRT dalam perspektif Islam. Menurutnya, Islam secara tegas mengatakan bahwa kekerasan terhadap seorang istri merupakan suatu tindakan yang dilarang.

“Ada Alquran yang dengan sangat clear mengatakan wa'asyiruhunna bil ma'ruf. Bahwa pergaulan atau relasi, gauililah istrimu dengan ma’ruf, itu relasi tidak hanya bergaul dalam arti bersetubuh ya,” jelasnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 5 Februari 2022: Sagitarius Dapat Uang Tak Terduga, Waktunya Scorpio Tanamkan Cinta

Menurut Maria, di dalam Islam mengajarkan agar setiap interaksi kehidupan dalam masa perkawinan harus bersifat ma'ruf, baik, dan bermartabat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X