Muncul di Tengah Kontroversi Bahasa Daerah, Film Nana Sukses Tembus Festival Berlin

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:27 WIB
 Film Before, Now & Then (Nana) terseleksi untuk tayang perdana di program kompetisi utama 72nd Berlin International Film Festival @berlinale 2022 (Instagram @kamilandini)
Film Before, Now & Then (Nana) terseleksi untuk tayang perdana di program kompetisi utama 72nd Berlin International Film Festival @berlinale 2022 (Instagram @kamilandini)

KEDIRI, suaramerdeka.com - Keberhasilan Film "Before, Now and Then" atau Nana karya sutradara Kamila Andini menembus Festival Film Internasional Berlin 2022 mendapat apresiasi.

Keberhasilan film  "Before, Now and Then" atau Nana muncul di tengah kontroversi atas penggunaan bahasa daerah oleh anggota DPR.

Pasalnya, Nana merupakan film Berbahasa Sunda berdasarkan kisah hidup Raden Nana Sunani yang diadaptasi dari penggalan novel 'Jais Darga Namaku' karya Ahda Imran.

"Di tengah isu kebhinekaan yang menjadi sorotan, jelas ini merupakan prestasi yang membanggakan, karenanya jangan malu menggunakan bahasa daerah," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai mengobrol dengan Wali Kota Abdullah Abubakar di Taman Brantas, Kota Kediri, Jumat 21 Januari 2022.

Baca Juga: Indeks Saham Amerika Hari Ini Melemah, Tekanan dari Kenaikan Suku Bunga The Fed

Baginya, langkah tersebut juga merupakan bukti nyata ikhtiar atas pelestarian kekayaan bangsa itu.

Penggarap film tersebut mampu menyiasati perkembangan zaman sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga eksistensi bahasa daerah, sehingga apresiasi pun muncul.

"Dengan cara baru medium film, konten lainnya. Terbuka dengan kreativitas. Karenanya, dunia saja menghargai, masa bangsa kita malah kurang menghargainya. Karena pointnya ini merupakan kebangkitan bahasa daerah di dunia internasional," katanya.

Baca Juga: Migrasi TV Digital: Siaran Analog 13 Kabupaten-Kota Jawa Tengah Akan Dimatikan Per 30 April

Dia pun berharap film berbahasa daerah di ajang Bienale 2022 ini bisa menjadi momentum film-film berbahasa daerah lainnya untuk unjuk gigi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X