Sinetron Suara Hati Istri: Zahra Dihentikan, Indosiar Bakal Ganti Pemeran dan Ubah Alur Cerita

Red
- Sabtu, 5 Juni 2021 | 16:26 WIB
Tangkapan layar kritikan dari intagram Zaskia Adya Mecca /Instagram @zaskiadyamecca
Tangkapan layar kritikan dari intagram Zaskia Adya Mecca /Instagram @zaskiadyamecca

JAKARTA, suaramerdeka.com - Stasiun televisi swasta Indosiar akhirnya mensikapi serius Sinetron Suara Hati Istri: Zahra yang menjadi polemik dalam sepekan ini. Sinetron produksi Mega Kreasi Film (MKF) itu akhirnya akan dihentikan sementara.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengevaluasi secara menyeluruh terhadap sinetron yang semula dibintangi Lea Ciarachel Fourneaux, gadis remaja berusia 15 tahun, yang memerankan tokoh Zahra.

"Zahra" memiliki muatan yang berpotensi melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI 2012.

Evaluasi tersebut di antaranya mencakup jalan cerita dan kesesuaiannya dengan klasifikasi program siaran yang telah ditentukan (R) serta penggunaan artis yang masih berusia 15 tahun untuk berperan sebagai istri ketiga.

Dalam undang-undang perlindungan anak, usia 15 masih masuk kategori anak. KPI sendiri menerima aduan dari masyarakat atas penayangan sinetron itu.

"Ada tuntutan dari masyarakat agar sinetron ini dihentikan," kata Komisioner KPI Bidang Kelembagaan Nuning Rodiyah dikutip dari ANTARA, Sabtu, 5 Juni 2021.

"Namun KPI sendiri berkepentingan untuk menjernihkan masalah ini agar tindakan yang diambil sesuai dengan kewenangan dan juga berdasarkan regulasi yang ada," lanjut Nuning.

Baca Juga: Pemprov Jateng Turunkan Tim Khusus Meneliti Ada Tidaknya Varian Baru di Kudus

Pertemuan KPI dan Indosiar sendiri digelar Kamis, 3 Juni 2021. Hadir pada itu Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, Komisioner KPI Bidang Kelembagaan Nuning Rodiyah, dan Komisioner KPI Pusat Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (PS2P) Mohammad Reza. Sedang dari Indosiar diwakili Direktur Program Indosiar Harsiwi Ahmad

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMW Astra Rilis Film Pendek Pertama, Elipsis

Jumat, 16 Juli 2021 | 10:11 WIB

WeTV Original Kaget Nikah, Bertabur Bintang

Sabtu, 26 Juni 2021 | 10:40 WIB
X