Genesis (4), Hanya Menyisakan Reuni

- Minggu, 25 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Grup Genesis (foto: istimewa)
Grup Genesis (foto: istimewa)

MINGGU lalu telah dikisahkan awal berdirinya grup Genesis sebagai band sekolah di Charterhouse School Inggris yang menyandang nama Garden Wall kemudian berganti nama menjadi Genesis di tahun 1967. Selanjutnya Genesis mengalami beberapa kali perubahan formasi. Termasuk mundurnya Peter Gabriel dari posisi vokalis dan Steve Hackett dari posisi gitaris.

Baca juga: Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah

Genesis (2), Formasi Terbaik Era Peter Gabriel

Genesis (3) - Memasuki Fase Formasi Trio

Tahun 1980-an, menjadi tahun kejayaan grup Genesis era vokalis Phil Collins. Mereka kemudian lebih banyak bermain di jalur pop, meski masih terdapat unsur rock. Bahkan sesekali memainkan musik yang cenderung jazzy.

Album Abacab yang dirilis September 1981 menunjukkan arah musik Genesis yang sudah meninggalkan unsur progresif rock atau art rock. Mereka sudah tidak lagi memainkan lagu-lagu berdurasi panjang seperti "Supper's Ready" atau "The Batle of Epig Forrest". Lagu-lagu mereka layak menjadi lagu-lagu yang radio friendly. Sebut saja "Abacab", "Me & Sarah Jane", "No Reply at All", atau "Man on The Corner".

Ihwal penamaan judul lagu atau album Abacab, berawal dari ide Mike Rutherford, saat Genesis merekam materi album tersebut di Farmyard Studio, Inggris di pertengahan 1981. Rekaman tersebut dibagi dalam beberapa pita rel sampel demo. Agar tidak membingungkan, Mike menamai sampel rekaman itu dengan kode A, B, C, dan seterusnya. Sehingga muncul judul "Abacab".

Album Abacab mendapat penghargaan emas. Genesis seakan tidak peduli dengan penghargaan yang sudah diraih mereka. Tour show promo album Abacab pun digelar dari akhir 1981 hingga awal 1982. Hasil rekaman show mereka di Amerika dan eropa, kemudian didokumentasikan dalam dobel album live, Three Sides Live yang dirilis Juni 1982. Untuk tour show ini, Genesis juga melibatkan Daryl Stuermer pada gitar, dan Chester Thompson pada drum.

Album Three Sides Live juga meraup sukses. Untuk kesekian kalinya Genesis butuh istirahat dari kegiatan rekaman dan show di akhir 1982. Para personelnya merilis solo album. Mike Rutherford merilis solo album ke-2, Acting Very Strange (1982), Phil Collins merilis solo album ke-2, Hello Must Ill Be Going (1982) yang juga sukses mengikuti sukses album pertama, Face Value (1981), sedangkan Tony Banks merilis album solo ke-2, The Fugitive (1983) setelah sebelumnya dia merilis soundtrack album The Wicked Lady (1982).

Di antara ketiga personel Genesis yang paling sibuk bersolo karier, adalah Phil Collins. Phil bahkan membantu menjadi drummer di solo album Robert Plant, John Martin, Fridda (ABBA), Adam Ant, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X