Genesis (3) - Memasuki Fase Formasi Trio

- Minggu, 18 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Genesis (3) - Memasuki Fase Formasi Trio. (istimewa)
Genesis (3) - Memasuki Fase Formasi Trio. (istimewa)

MINGGU lalu telah dikisahkan terbentuknya grup Genesis yang berawal dari siswa sekolah Charterhouse School Inggris di tahun 1966. Awalnya mengusung nama Garden Wall, kemudian berubah menjadi Genesis tahun 1967. Seiring perjalanan waktu Genesis mengalami perubahan formasi. Termasuk merilis album-albumnya setiap tahun. Sukses Genesis pada masa vokalis dijabat Peter Gabriel adalah dari tahun 1971-1975. Akan tetapi kebersamaan itu harus berakhir ketika Gabriel memutuskan mundur dari Genesis di tahun 1975.

Baca juga: Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah

Genesis (2), Formasi Terbaik Era Peter Gabriel

Pasca keluarnya Peter Gabriel, Genesis sempat mencari kandidat pengganti untuk vokalis baru. Audisi pun digelar, tetapi hasilnya nihil. Tiba-tiba Phil Collins dilirik oleh ketiga rekannya yang tersisa di Genesis. Phil bersedia mengikuti audisi, walau posisinya telah lima tahun menjadi drummer kadang membantu sektor vokal di Genesis.

Pada saat itu Genesis sudah menggarap materi musik dasar untuk album berikutnya, A Trick of The Tail (1976). Serta tinggal diisi vokal. Nah, posisi vokal utama ini yang tengah dicari.

Phil menjalani tes dan diminta membawakan lagu "Sqounk" yang mengandalkan teknik vokal maha sulit, lantaran harus menggapai nada-nada tinggi. Pada akhirnya Phil berhasil menjalani tes tersebut dan dinyatakan sebagai vokalis baru grup Genesis. Jadilah Phil di saat rekaman berfungsi ganda, sebagai vokalis dan drummer. Sedangkan untuk konser, Genesis harus merekut drummer tambahan ketika Phil harus tampil ke depan membawakan lagu-lagunya.

Bill Bruford (mantan drummer grup Yes dan saat itu berstatus sebagai drummer grup King Crimson) dipilih mengisi posisi drum sepanjang tour show Genesis untuk promosi album A Trick of The Tail sepanjang tahun 1976. Bill terkenal dengan ketukan yang kadang keluar dari alur musik Genesis, dan bahkan kerap menyisipkan bit-bit jazz rock dalam arransemen saat konser. Hal itu membuat Tony Banks merasa kurang sreg. Tetapi bagi Phil Collins justru sebaliknya.

Selain itu Bill lebih suka bermain assesoris drum berupa deretan perkusi seperti yang dia mainkan saat bersama King Crimson. Apa boleh buat, setelah tour promo album A Trick of The Tail berakhir, Bill keluar dari Genesis.

Pada masa ini Genesis kembali berkutat di studio, tetapi bukan di Inggris. Melainkan di negeri Belanda. Konon tarikan pajak yang tinggi, membuat mereka harus menyingkir sementara waktu dari tanah kelahiran, Inggris. Album Wind and Wuthering merupakan album berikutnya yang dirilis akhir tahun 1976. Album ini merupakan album studio terakhir Genesis dengan gitaris Steve Hackett.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X