Genesis (2), Formasi Terbaik Era Peter Gabriel

- Minggu, 11 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Genesis (2) - Formasi Terbaik Era Peter Gabriel (istimewa)
Genesis (2) - Formasi Terbaik Era Peter Gabriel (istimewa)

MINGGU lalu telah diceritakan awal terbentuknya grup Genesis dari band anak sekolah di Charterhouse School, Inggris yang menyandang nama Garden Wall, kemudian berubah menjadi Genesis di tahun 1967. Hingga mereka memasuki dunia rekaman dan sempat terjadi pergantian personel hingga tiga kali.

Baca juga: Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah

Pada tahun 1971, Genesis yang beranggotakan: Peter Gabriel (vokal/flute/tamborine/bas drum), Mike Rutherford (bas/gitar), Steve Hackett (gitar), Phil Collins (vokal/drum), dan Tony Banks (melotron/organ/piano) mulai merekam album ke-3, Nursery Cryme. Pada album tersebut, Genesis mengandalkan komposisi "The Musical Box" yang kental dengan unsur art rock (kini progresif rock). Lirik lagu "The Musical Box" yang sudah digarap ketika Anthony Philips masih bergabung, berkisah tentang sosok pria yang terbunuh dengan dipenggal kepalanya oleh seorang wanita di masa Victorian. Pria bernama Henry itu kemudian menjelma hantu dalam kotak musik dan mendamba kepada wanita pembunuh itu untuk bercumbu.

Pada album Nursery Cryme ini, untuk penggunaan melotron, Genesis masih menggunakan peralatan melotron milik grup King Crimson. Lantaran masih pertama kali menggunakan, sound melotron meraung-raung hampir di seluruh lagu di album ini.

Di album Nursery Cryme ini, Phil Collins juga mulai mengisi vokal pada dua lagu, "For Absent Friend", dan "Harlequin".

Album Nursery Cryme jauh lebih sukses di angka penjualan daripada dua album Genesis sebelumnya. Genesis pun mulai menggelar sejumlah show. Brussel adalah kota tujuan pertama konser Genesis formasi tersebut di akhir 1971.

Aksi panggung Genesis pada masa itu lebih mirip pertunjukan teater. Seluruh personel dalam posisi duduk memainkan instrumen dalam posisi berjarak, kecuali Peter Gabriel yang tetap berdiri. Bahkan Peter Gabriel tak ubahnya Jim Morisson di The Doors. Suka beratraksi yang aneh-aneh, meski masih lebih gila atraksi panggung Morisson.

Gabriel kerap mengenakan topeng saat tampil, entah itu topeng Henry yang sudah tua, atau kepala rubah. Atau bisa juga wajahnya dirias. Jadi sebelum Kiss yang terkenal dengan rias wajahnya, Genesis justru lebih dulu mengenakan riasan wajah, khususnya Peter Gabriel.

Pada bulan Agustus 1972, Genesis mulai menggarap album Foxtrot. Judul Foxtrot sendiri menyiratkan pola musik pada lagu "Suppers Ready" di album ini yang berdurasi 22 menit dan dibagi dalam beberapa part. Lagu "Suppers Ready" menampilkan imajinasi seorang Peter Gabriel yang bertemu tujuh setan saat merasuki istrinya, dan setan-setan itu kemudian diajak ngobrol, berkebun, bercanda, sampai jamuan makan malam, dan terakhir diusirnya setan-setan itu.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X