Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah

- Minggu, 4 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah (istimewa)
Genesis (1) - Berawal dari Band Anak Sekolah (istimewa)

AWAL terbentuknya grup Genesis, adalah ketika Peter Gabriel satu sekolah dan asrama dengan Tony Banks, Anthony Philips, Chris Stewart, dan Mike Rutherford di Charterhouse School, Inggris tahun 1963. Pada saat itu Peter Gabriel dan Tony Banks sama-sama menyukai The Beatles dan penyanyi Otis Redding.

Hasrat bermusik mereka kemudian tersalurkan saat mulai membentuk Garden Wall di tahun 1965 yang formasinya terdiri dari Peter Gabriel (vokal/flute), Tony Banks (piano, organ), Mike Rutherford (bas/gitar), Anthony Philips (gitar), dan Chris Stewart (drum). Mereka kerap manggung dan kemudian memantik perhatian Jonathan King yang juga alumnus Charterhouse School.

Tahun 1967, nama grup Garden Wall diubah menjadi Genesis, dan formasi grup tetap tidak berubah. Mereka kemudian mendapat tawaran rekaman. Dua singel mereka luncurkan pada tahun 1968, yaitu "The Silent Sun"/"That's Me" dan "A Winters of Tale"/"One Eyed Hound". Dua singel tersebut dirilis oleh Decca Studio. Namun hasilnya kurang begitu laris di pasaran.

Formasi grup berubah ketika Chris Stewart memilih hengkang dari Genesis. Posisinya digantikan oleh John Silver. Maka tibalah saatnya Genesis merekam debut album mereka: From Genesis to Relevation di Reggent Studio di awal 1969. Mereka baru merasakan betapa berat menggarap album pertama di studio.

Selain itu, mereka juga diminta King untuk memainkan musik yang mirip BeeGees, agar bisa diterima masyarakat rekaman tersebut. Maka pada saat itu Genesis masih memainkan musik pop yang dibumbui unsur psychedelick. Akan tetapi harapan King agar Genesis bisa sesukses BeeGees justru tidak tercapai. King kecewa dan meminta mereka mengganti nama dengan alasan Genesis dipakai untuk nama grup di Amerika. Namun Peter Gabriel cs ngotot mempertahankan nama grup Genesis. Akhirnya King yang kecewa dengan hasil kerja Genesis memilih meletakkan jabatan dari posisi manajer Genesis.

Genesis sekarat, menyisakan Peter Gabriel dan Tony Banks yang diam-diam mulai menulis lagu-lagu baru. Sedangkan Mike Rutherford dan Anthony Philips nyambi ngeband bareng rekan sekolah mereka di Charterhouse School, Richard Mc Pail. John Silver sendiri memilih mundur dari Genesis.

-
Genesis formasi awal, ki-ka: Anthony Philips, Mike Rutherford, Tony Banks, Peter Gabriel, Chris Stewart. (istimewa)

Pada akhir 1969, Genesis berkumpul lagi dengan mengajak drummer baru, John Mayhew. Mereka berlatih untuk pertunjukan yang akan digelar tahun 1970. Kebetulan penampilan mereka di tahun 1970 menarik perhatian bos perusahaan Charisma Record, Tony Straton Smith yang sebelumnya sukses menangani grup King Crimson.

Pada tahun 1970 itu, Genesis telah mengubah pola musik mereka dari pop psychedelick menjadi art rock yang kini dikenal dengan istilah progresif rock. Art Rock atau progresif rock adalah pola musik rock yang lebih luas pengembangannya, dengan membubuhkan unsur sedikit unsur jazz, classic, dan lirik nan gelap (puitis).

Oleh Smith, Genesis diajak rekaman di Charisma Record. Maka pada tahun 1970, Genesis mulai menggarap album ke-2, Trespass. Album yang mengandalkan lagu "The Knife" ini hasilnya lebih sukses di pasaran ketimbang album pertama mereka. Namun saat penggarapan album Trespass memasuki tahap finish, John Mayhew memilih mengundurkan diri. Menyusul Anthony Philips. Akan tetapi mereka berdua tetap merampungkan album kedua ini.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X