• KANAL BERITA

Stres saat PMS? Yuk Lakukan Cara-cara Ini

Foto: nyunyu
Foto: nyunyu

Kondisi ini sangat membuat tidak nyaman. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Ada cara-cara mudah yang bisa dilakukan agar masa PMS mu menjadi lebih menyenangkan. Apa saja ya?

Luangkan waktu untuk menjadi kamu yang apa adanya. Kamu butuh apa yang disebut “me time”. Ada saatnya kamu tidak memasang topeng di hadapan orang lain dan memberikan semua waktu cuma untuk dirimu sendiri. Untuk mengisinya, bisa dilakukan dengan berjalan-jalan ke toko buku favorit, mendengarkan musik, olahraga, dan segudang aktivitas positif yang mampu menyingkirkan bad mood.

Jangan asal pilih makanan. Mungkin faktor ini tak banyak yang tahu. Di saat emosi labil dan fisik yang tak fit akibat PMS, semestinya kamu mengurangi makanan tinggi kandungan garam seperti keripik kentang, asinan, keripik singkong, aneka snack asin lainnya. Kamu juga wajib menghindari makanan berlemak seperti jerohan, keju-kejuan, serta makanan yang digoreng dan tinggi kolesterol. Makanan berkadar gula tinggi juga harus dihindari, lho. Sebagai gantinya, kamu harus banyak makan makanan yang kaya vitamin B6 seperti buah dan sayuran yang membantu mengurangi rasa stres berlebihan saat PMS.

Perbanyak konsumsi air putih. Air putih punya daya yang ampuh untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Memperbanyak konsumsi air putih juga membantu relaksasi dari dalam secara mudah dan murah.

Istirahat yang cukup. PMS bukan berarti menghabiskan waktu dengan uring-uringan. Setelah dirasa cukup dengan “me-time” untuk membunuh stres, kamu juga harus menghabiskan waktu dengan istirahat yang cukup agar tubuh menjadi lebih segar dan tak uring-uringan. Disarankan juga mengompres tubuh dengan handuk atau botol berisi air hangat. Suhu yang hangat bisa menjadi terapi ringan yang menenangkan tubuh maupun pikiran. Bisa juga dengan mencoba mandi air hangat untuk efek relaksasi.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)

  • Tags
Berita Terkait
Komentar