• KANAL BERITA

Ini Alasan Mengapa Tubuh Terasa Lelah dan Pusing Setelah Menangis

Foto: thairath.co.th
Foto: thairath.co.th

UNIK - Menangis memang membantu melegakan perasaan. Bukan cuma itu, menangis juga bisa bikin melepas hormon stres dan galau.

Baca: Percayalah, Menangis Bukan Soal Cengeng dan Gengsi

Tapi uniknya, setiap selesai menangis, pasti kebanyakan dari kita akan merasa lelah, pusing, bahkan juga bisa mengantuk. Nah, kenapa ya?

1. Hormon stres
Saat kamu menangis, tubuh melepaskan hormon stres. Hormon-hormon ini secara alami menyebabkan perubahan dalam tubuh, termasuk menyebabkan sakit kepala. Sebagian orang merasakan sakit kepala ringan namun ada beberapa orang yang merasakan sakit kepala seperti migrain.

2. Dehidrasi
Menangis juga menyebabkan kehilangan sebagian cairan tubuh. Inilah yang membuat kamu dehidrasi dan merasakan kelelahan. Selain lelah, kamu juga akan merasakan haus yang teramat sangat dan mulut kering.

3. Masalah sinus
Terlalu lama menangis membuat air mata terkontaminasi dengan udara yang masuk ke rongga hidung, sehingga menyebabkan hidung tersebut meradang.

4. Peradangan
Selain melepaskan hormon stres, menangis juga menyebabkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan saraf wajah terganggu. Gangguan saraf wajah sering dikaitkan dengan migrain dan sakit kepala serius lainnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa beristirahat agar lebih rileks. That's why kebanyakan orang akan lebih pulas tidurnya setelah menangis sejadi-jadinya. Perbanyak juga minum air putih dan pijat kecil-kecil kepala supaya membantu meredakan ketegangan otot.


(Fadhil Nugroho Adi, OKZ/CN41/SM Network)