• KANAL BERITA

Menangis Bukan Soal Cengeng, Ada Manfaat di Dalamnya yang Kamu Wajib Tahu

Foto: News.com.au
Foto: News.com.au

MOTIVATIPS - Tidak ada manusia yang tercipta tanpa kesedihan. Kepadanya diberi air mata untuk mengungkapkan emosi terdalam lewat tangisan. Emosi yang diluapkan bukan sebatas emosi negatif seperti marah dan sedih, namun juga emosi positif berupa haru dan bahagia.

Namun seringkali tangisan menjadi penyelesaian dari kesedihan yang datang bertubi-tubi. Meski begitu masih ada sebagian orang yang menganggap tangisan sebagai hal yang tabu. Cengeng, katanya. Padahal dengan menangis, batin seseorang akan menjadi lebih lega. Ada beban yang terangkat tanpa disadari. Sesudahnya, perasaan akan menjadi lebih baik dan pikiran menjadi lebih positif.

Selain melegakan, menangis juga menyimpan beberapa manfaat yang jarang diketahui. Motivatips akan mengulasnya untukmu.

Membantu menghilangkan stres
Air mata yang kamu keluarkan saat menangis ternyata turut mengeluarkan beberapa zat kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Itulah alasan mengapa sebagian besar orang merasa lebih lega dan nyaman setelah menangis.

Namun jika kamu menahan diri untuk nggak menangis, ini justru akan meningkatkan stres. Akibatnya kamu akan mudah terserang tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular. Manfaat lainnya, saat beban pikiran dan stres terangkat, wajahmu akan semakin segar dan berseri.

Membuang hormon galau
Sebuah temuan mengungkap, saat menangis, air mata yang menetes dapat membersihkan hormon-hormon lebih dalam tubuh, hormon-hormon yang dapat membuat kita galau.

Universitas Minnesota, Amerika, pernah menguji 300 lebih laki-laki dan perempuan untuk mengetahui apakah air mata dapat menghapus hal yang menyesakkan di dada. Tangisan yang bercampur dan meresap dalam perasaan, membuat hormon yang berlebihan itu keluar.

Air mata yang dimaksud di sini yaitu air mata karena perasaan, yaitu air mata yang menetes saat kita menangis mengenai sesuatu, entahkah itu bahagia ataupun sedih.

Membantu perasaan lebih tenang
Menangis adalah jalan terbaik untuk meredam kekecewaan mendalam atas apa yang pernah kita alami. Agar tak meletup-letup menjadi kemarahan yang diarahkan pada orang lain, menangis membantu menenangkan perasaan kita. Selagi tak ada larangan untuk menangis, menangislah. Luapkan sebanyak apa yang kamu inginkan asal hatimu menjadi berkali lipat lebih tenang.

Menjadi pelepas ketegangan
Saat proses detoksifikasi berjalan dengan tangisan, maka saat itu pulalah kamu membantu meredakan ketegangan yang tengah kamu alami. Sering orang mengatakan, perempuan lebih murah senyum ketimbang laki-laki yang stay cool.

Ini salah satunya disebabkan oleh cara perempuan melepas ketegangan yang mereka alami, yakni dengan menangis. Sementara laki-laki sampai hari ini masih menganggap tangisan sebagai sebuah gengsi. Please!

Menangis untuk bahagia
Menangis saat didera kesedihan memungkinkan kita untuk merasakan setiap emosi dalam bentuk yang paling mendasar. Artinya kita bisa benar-benar menghargai ketika tengah berbahagia dan menikmati momen menyenangkan. Setiap kali kita terpuruk, menangis, dan berusaha bangkit kembali, kita meyakinkan diri sendiri bahwa kita cukup kuat untuk melakukan hal itu.

 


(Fadhil Nugroho Adi, Berbagai sumber/CN41/SM Network)