• KANAL BERITA

Ayu Laksmi, Sang Pengabdi Seni (3)

Bom Bali Jadi Titik Kembali ke Tradisi

Foto: Bintang.com/Dokumen Pribadi
Foto: Bintang.com/Dokumen Pribadi

SELEPAS  pulang ke Bali, Ayu Laksmi meneruskan studinya di Fakultas Hukum Universitas Udayana. Ada satu prinsip yang dijalankan di keluarganya.

"Saya dibesarkan dengan berkesenian, tapi tetap harus belajar," tutur Ayu.

Ayu yang berhasil menamatkan studinya sebagai Sarjana Hukum pada 1993 kemudian bergabung dengan sejumlah grup musik. Berbagai tempat manggung seperti kafe, restoran, hotel, bahkan kapal pesiar, sempat ia jelajahi. Ia juga bergabung dengan kelompok band ternama di Bali, Tropical Transit, yang dimotori oleh Riwin, salah seorang anggota group Pahama.

Pada periode yang sama, Ayu mulai belajar menyanyi sebagai entertainer dan mencoba berbagai jenis musik.

"Jazz, R n B, latin, semua saya coba," imbuhnya.

Namun pada tahun 2000 Ayu tiba pada titik jenuh.

"Saya jenuh, saya merasa belum bertemu dengan apa yang saya cari. Saya mengosongkan diri dari menyanyi dan berkebun sebagai petani anggrek. Saat itu saya betul-betul stop tidak menyanyi," kisah Ayu.

Dua tahun berikutnya, dunia dikejutkan dengan peristiwa bom Bali I. Ayu mengaku, peristiwa inilah yang membuatnya tersadar untuk kembali ke tradisi.

"Pada peristiwa bom Bali, orang-orang Bali berusaha tidak membalas dengan kemarahan. Maka kemudian dibuatlah program Bali for The World. Saat program dari pemerintah itu ada, teman-teman dari Jakarta ingat Ayu Laksmi, di mana dia sekarang," kenangnya.

Bak gayung bersambut, Ayu diminta turut berkontribusi pada event yang dibuat untuk recovery dari tragedi bom Bali itu. Namun demikian, ia mengaku sempat kebingungan akan jenis musik apa yang bakal ditampilkan.

"Saya berpikir, dua tahun saya tidak nyanyi, apa yang harus saya tampilkan. Karena selama ini saya menyanyikan lagu orang lain. Untuk mengembalikan kepercayaan pada dunia, tidak mungkin saya nyanyi genre musik jazz," tutur Ayu. 

Baca Juga:Rocker yang Tak Cepat Berpuas Diri


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)

  • Tags