• KANAL BERITA

Saat Smartphone Terhubung dengan Televisi

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SAAT ini, teknologi televisi sudah semakin canggih. Kini, bukan hanya tampilan laptop saja yang dapat  terhubung ke layar televisi, dengan menggunakan teknologi Miracast, tampilan smartphone pun dapat terhubung ke layar televisi.  

Semakin maraknya penggunaan telepon seluler (ponsel) berbasis smartphone di tengah masyarakat, sepertinya telah mendorong produsen elektronik untuk semakin memanjakan penggunanya. Seperti halnya produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan yang telah menyematkan teknologi Miracast pada perangkat televisi tipe LE50AQT9600MU.

"Sekarang ini, hampir semua orang memiliki smartphone dan menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Tidak lagi sekadar untuk berkomunikasi, tapi juga untuk mendapatkan informasi dan hiburan, seperti main game atau melihat foto serta video di media sosial. Kehadiran teknologi Miracast ini tentu akan sangat berguna bagi para pengguna smartphone," tutur President Director of Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki.

Di era digital saat ini, kebutuhan orang akan teknologi smartphone semakin tinggi. Maklum, sekarang semuanya serba digital. Seperti halnya transaksi perbankan, untuk melakukan berbagai transaksi keuangan kini kita dapat melakukannya melalui aplikasi smartphone tanpa perlu repot-repot datang ke bank. Begitu juga untuk persoalan transportasi, untuk memesan transportasi umum atau taksi kini hanya tinggal membuka aplikasi smartphone.

Tak ayal, sebagian besar orang kini banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengakses perangkat smartphone. Terlebih bagi para gamers dan pengguna media sosial. Menurut riset We Are Social pada Januari 2018, yang termuat di beberapa berita di media massa nasional, tercatat dalam sehari orang Indonesia mampu menghabiskan waktu selama delapan jam 51 menit untuk tetap online di dunia maya.  

Dapatkan perlengkapan elektronik dengan harga termurah

Head of Product planning Department Aqua Japan Indonesia, Meiriano Ullman mengatakan, dengan teknologi Miracast tentu pengguna ponsel akan menjadi lebih nyaman saat menikmati berbagai fitur yang tersemat di smartphone mereka. "Pasti akan lebih  seru dan menyenangkan jika bermain game favorit di smartphone dengan tampilan layar yang lebih besar. Karena dari sisi gambar pasti akan jauh lebih menarik dan lebih nyaman untuk mata," jelas Rian, sapaan akrab Meiriano.

Begitu juga saat menikmati konten media sosial. Melihat konten foto dan video di sosial media melalui layar televisi, tentu akan menjadi pengalaman baru yang mengesankan bagi para pengguna smartphone.

"Prinsip kerjanya itu tidak memerlukan konseksi internet. Tinggal di-setup saja antara koneksi smartphone atau tablet ke televisi dengan menggunakan fitur Miracast. Jadi saat fitur Miracast diaktifkan, TV akan memancarkan signal lalu akan terkoneksi ke smartphone. Saat terkoneksi gambar pada smartphone akan tampil di TV, mirroring," jelas Rian.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)