• KANAL BERITA

Busana Ashika Abaya Jajaki Pasar Internasional

Peragaan busana Ashika Abaya karya dua anak muda  Avi Wardhani dan Alicia Jasmeena di Wimaron Hotel Semarang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Peragaan busana Ashika Abaya karya dua anak muda Avi Wardhani dan Alicia Jasmeena di Wimaron Hotel Semarang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kolaborasi perancang busana muda asal Indonesia yakni Avi Wardhani dan Alicia Jasmeena dengan brand Ashika Abaya mampu menembus pasar Internasional. Rancangan busana dua mahasiswa yang kini sedang kuliah di Amerika (Avi) dan Singapura (Alicia) ini banyak disisipi ornamaen nuansa kearifan lokal seperti batik dan simbol-simbol khas daerah lain yang ada di Tanah Air. Hasil karya mereka dipamerkan dalam fashion show di Wimarion Hotel Semarang, Jl Wilis, baru-baru ini.

''Kami banyak mengincar pasar di luar negeri karena potensinya besar. Selain itu, banyak jaringan yang kami miliki di beberapa negara sehingga nanti bisa dipasarkan disana,'' jelas Avi, yang kini studi di jurusan finance di Bentley University Boston.

Ia menambahkan, sengaja menyelipkan motif-motif dengan kearifan lokal karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Motif khas Tanah Air ini menjadi pembeda dengan karya perancang busana muda lainnya di dunia fashion.

''Nyatanya, tak sedikit yang mulai tertarik untuk memasarkan dan membeli khususnya dari negara-negara seperti di Turki, Brunei, Malaysia dan Afrika,'' jelasnya.

Mengenai ide pembuatan produk fashion ini berawal dari kegemarannya saat jalan-jalan ke berbagai negara termasuk perjalanan umroh bersama keluarga. Inspirasi berbagai model juga berasal dari pakaian khas yang dikenakan oleh warga di setiap negara yang dikunjungi.

Mengenai harga, Avi menyatakan mematok tidak terlalu mahal dan dinilai kompetitif. Oleh sebab itulah, ia optimistis produk yang diciptakannya akan diminati pasar. ''Saya rasa harganya terjangkau untuk pembeli kami,'' paparnya.

 


(Irawan Aryanto/CN40/SM Network)