• KANAL BERITA

Bingung Pilih Kulkas Berkapasitas Besar atau Kecil? Ini Solusinya

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kapasitas isi biasanya menjadi salah satu pertimbangan dari banyak orang saat akan membeli kulkas. Apakah sebaiknya memilih kulkas berkapasitas besar, sedang atau kecil? Berdasar tips yang banyak beredar di media online menyarankan, sebaiknya pilihlah yang berkapasitas besar, sebab jika kebutuhan meningkat di kemudian hari maka tidak perlu lagi menggantinya dengan yang baru.

Tips tersebut tentu baik, tapi sebelum memutuskan membeli kulkas berkapasitas besar ada baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu luas ruangan dapur di mana kulkas akan diletakkan. Jika ruangan tidak terlalu luas, tentu akan sulit untuk meletakkannya secara ideal.

"Bila berdasarkan keinginan, tentu banyak yang memilih yang berkapasitas besar, karena kita jadi dapat dengan leluasa menempatkan berbagai bahan makanan dan minuman di dalam kulkas. Tapi tentu harus tetap memperhatikan luas atau dimensi ruang di mana kulkas akan diletakkan," kata President Director of Aqua Japan Indonesia Kenji Sadayuki.

Untuk problem tersebut, menurut Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia Meiriano Ullman, Aqua Japan memiliki solusinya. Produk kulkas AQR-IG655AM, meski memiliki kapasitas yang besar namun ukurannya minimalis, sehingga tidak akan memakan dimensi ruang yang besar pada dapur.

"Jika dibandingkan dengan kulkas side by side dengan kapasitas yang sama, maka ruangan akan lebih hemat 10 persen, karena hanya membutuhkan area sekitar 0,55 m2," kata pria yang biasa akrab disapa Rian tersebut.

Memiliki total kapasitas 557 liter, untuk ruangan pendingin kulkas AQR-IG655AM memiliki kapasitas yang sangat lebar yaitu 370 liter, begitu juga dengan ruang pembeku 187 liter. Sebagai salah satu produk premium dari Aqua Japan, kulkas AQR-IG655AM juga dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi canggih. "Seperti halnya teknologi Dual Cooling System yang akan mencegah aroma makanan saling tercampur, sehingga makanan Anda akan tetap nikmat saat disantap," kata Rian.

Selain itu, untuk menjaga kesegaran sayur dan buah kulkas AQR-IG655AM jug dilengkapi dengan teknologi Humidity Control System (HCS) yang akan menjaga kelembaban ruang sesuai dengan  yang dibutuhkan sayur dan buah.  

"Selain tersedia box yang berbeda untuk menempatkan sayur dan buah, karena pada dasarnya buah memiliki enzim yang dapat mempengaruhi ketahanan sayur, kulkas juga dilengkapi dengan HCS yang akan menghadirkan tingkat kelembaban sesuai dengan yang dibutuhkan sayur dan buah, sehingga kesegarannya akan terjaga lebih lama," jelas Rian.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)