• KANAL BERITA

6 Cara Mudah Hilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Foto: stayathomemum.com.au
Foto: stayathomemum.com.au

Motivatips - Terkadang, rasa cemas bisa membantu di saat kamu harus mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah. Kalau masih dalam skala kecil, situasi ini bisa membantumu lebih fokus. Tapi kalau kecemasanmu menjadi berlebihan, kondisi ini justru akan berpengaruh buruk terhadap caramu menjalani hidup.

Kecemasan dengan dosis melebihi batas justru membuat mental dan fisikmu lemah. Riset mengatakan, kecemasan berdampak negatif pada jam tidur, merusak sistem imun, meningkatkan resiko stress pascatrauma, bahkan berakibat resiko kematian.

Namun kebiasaan ini bisa kamu patahkan, kok. Ada 6 cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa berpikir lebih tenang.

1. Rilekskan adrenalinmu

Di saat kamu stres atau cemas melanda, tubuhmu mengeluarkan hormon adrenalin. Hormon ini menyebabkan fisik menampakkan gejala cemas berlebih, seperti detak jantung yang meningkat dan berkeringat. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan latihan pernafasan. Pernah dengar inhale-exhale? Nah, lakukan itu secara perlahan dan berulang-ulang. Latihan pernafasan bisa membuatmu lebih berpikir jernih.

2. Tidur cukup

Menurut Berkeley News, kurang tidur dapat membuat seseorang merasakan kecemasan berlebih. Seseorang yang kurang tidur juga lebih mudah mengalami stres.

Durasi rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur adalah tujuh jam setiap malam. Jika kurang dari itu, suasana hati dan fungsi tubuh akan terpengaruh negatif. Kamu akan jadi lebih mudah marah dan mudah lelah.

3. Move on

Move on nggak selalu berkaitan dengan putus cinta, ya. Saat kamu merasa mulai cemas berlebihan, itu tandanya kamu perlu move on. Caranya, kamu harus mau menerima segala perasaan negatif yang sering mengganggumu. Jangan membantah kalau kamu memang punya kekurangan. Terima saja. Dengan penerimaan yang baik, maka kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengontrol tingkat kecemasan.

4. Tulis apa saja yang membuatmu cemas

Peneliti punya cara mudah untuk menurunkan tingkat stres. Yaitu dengan menuliskannya. Sebuah studi mengungkap, jika kamu menuliskan apa saja hal-hal yang mengganggu pikiranmu sebelum ujian, cara ini membantumu menurunkan rasa cemas.

"Ini mungkin berlawanan dengan perasaan, tetapi hampir seolah-olah Anda menghilangkan ketakutan dari pikiran Anda. Anda menilai ulang situasi tersebut sehingga Anda tidak terlalu khawatir tentang situasi itu karena Anda telah 'membunuhnya'," tutur Sian Beilock, seorang profesor psikologi di University of Chicago, seperti dilansir US News.

5. Sibukkan diri

Saat kita terlalu lama terjebak dalam waktu luang, pikiran kita akan lebih mudah kosong sehingga perasaan cemas yang berlebih langsung mendera. Namun jika kita menyibukkan diri dengan hobi atau apapun itu, aktivitas ini membantu mencegah diri dari pikiran-pikiran buruk.

6. Meditasi

Para peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center mengungkap bahwa meditasi dapat membantu seseorang menghentikan kecemasan. Tingkat rasa cemas bisa menurun hingga 39 persen setelah pelatihan meditasi.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)