• KANAL BERITA

Dear Karyawan, Ini 8 Cara Agar Tetap Produktif di Tengah Pekerjaan yang Menumpuk

Foto: FitBliss Blog
Foto: FitBliss Blog

“The really efficient laborer will be found not to crowd his day with work, but will saunter to his task surrounded by a wide halo of ease and leisure.”—Henry David Thoreau

Psikologi - Di tengah kehidupan modern seperti sekarang, multitasking menjadi satu keterampilan yang sangat dibutuhkan. Terlebih bagi karyawan dengan 8 jam kerja setiap hari, dari Senin hingga Jumat.

Namun apabila tidak dikontrol dengan baik, menghandle pekerjaan yang terlalu banyak justru membuat seseorang mudah stres. Setidaknya ada 8 solusi yang bisa dilakukan agar tetap bisa menjadi pribadi multitasking yang lebih produktif dan efisien. Dengan cara ini, sederet pekerjaan bisa Anda selesaikan dengan nyaman tanpa tekanan.

1. Jangan biarkan email dan pesan instan mengganggu tugas-tugas Anda. Cara ini akan sedikit menurunkan tingkat stres Anda.

2. Delegasikan tugas bila memungkinkan. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu.

3. Libatkan diri dalam tugas harian tanpa dikejar-kejar waktu. Ritme kerja yang sedikit Anda pelankan dapat membuat Anda merasakan kebahagiaan.

4. Prioritaskan tugas satu per satu dari yang paling penting, dan selesaikan satu proyek besar sebelum mengerjakan yang lain. Kalau dipaksakan, Anda justru bisa kewalahan sendiri.

5. Jangan melompat ke tugas lain sebelum satu tugas tuntas. Lakukan tugas yang lain setelah Anda menyelesaikan proyek Anda saat ini. Dengan begitu, Anda akan memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih baik.

6. Ambil jeda untuk melihat sekeliling Anda, dan bernafaslah. Ini disebut kesadaran terbuka yang penuh perhatian. Stres Anda akan lebih berkurang, sehingga lebih produktif dalam jangka panjang.

7. Selesaikan tugas secara satu per satu untuk menjaga hubungan tetap "hidup". Tanpa Anda sadari, terlalu berkutat dengan pekerjaan akan mengurangi kebersamaan Anda dengan teman-teman maupun orang yang dicintai.

8. Dinginkan otak. Bersantai di alam bebas, latihan pernafasan, meditasi, yoga, pijat, dan tai chi adalah cara untuk membuat otak Anda lebih bahagia.

 


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)