• KANAL BERITA

4 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat

Foto: 123RF.com
Foto: 123RF.com

Motivatips - Setiap manusia memiliki memori yang bisa dikembangkan. Kalau kita tahu bagaimana caranya mengingat dan menerapkannya pada semua kebutuhan belajar kita, maka kita akan lebih percaya diri saat menghadapi berbagai tantangan.

Untuk itu melatih memori sangat membantu kerja seluruh otak untuk bekerja lebih baik. Ada sejumlah teknik penting yang dapat dilakukan untuk membantu menata pikiran, meningkatkan kreativitas dan mempercepat proses berpikir kita.

Pertama, miliki kerangka berpikir yang benar. Pelajari cara kerja otak dan latih untuk melakukan apa yang Anda inginkan, dan Anda dapat segera menggunakan potensinya. Salah satu alat yang bisa Anda gunakan adalah temukan lingkungan belajar yang tepat. Cobalah bereksperimen dengan segala kondisi agar Anda memahami trik yang tepat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Tak boleh tertinggal, tumbuhkan sikap mental yang positif.

Kedua, jadikan sesuatu mudah diingat. Caranya, ingatlah sesuatu dengan cukup baik pada saat pertama kali. Itu saja. Anda tidak perlu mengulanginya terus menerus. Sebab informasi yang diingat dengan baik selalu ada di sana kapanpun Anda membutuhkannya. Bisa dengan memanfaatkan kemampuan berimajinasi dan bercerita.

Ketiga, jadilah pembaca yang efektif dan aktif. Bacalah tinjauan tentang suatu dokumen atau buku dengan menggunakan informasi dari sampulnya, resensi, rekomendasi, lalu bacalah secara cepat untuk memahami isinya. Hal ini benar-benar membantu memori Anda. Buatlah juga catatan saat Anda membaca. Gunakan warna, gambar atau pertanyaan, lalu padukan dengan apa yang Anda sudah ketahui.

Keempat, komunikasikan apa yang Anda pelajari ke muka umum. Apa yang sudah Anda pelajari tentang bagaimana cara terbaik untuk belajar dan mengingat, akan berguna saat Anda tampil di muka umum. Dengan menggunakan teknik belajar dan mengingat, Anda bisa menciptakan keseluruhan presentasi dalam pikiran Anda. Praktikkan dengan suara lantang, namun gunakan juga kemampuan Anda untuk memvisualisasikan bahwa diri Anda sedang berbicara dengan lihai dan percaya diri.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)

Berita Terkait
Loading...
Komentar