• KANAL BERITA

Seseorang Makin Introvert Seiring Bertambahnya Usia

Foto: Wise Bread
Foto: Wise Bread

Psikologi - Banyak orang mengatakan, "Saya menjadi lebih tertutup saat saya semakin tua." Pernyataan itu tidak selamanya salah. Ada orang-orang yang saat di sekolah menengah dan perguruan tinggi sering menghabiskan setiap akhir pekan dengan teman-teman. Dan saat memasuki usia 30-an, mereka tak lagi punya agenda apapun yang harus dilakukan di akhir pekan.

Jenn Granneman, penulis " The Secret Lives of Introverts: Inside Our Hidden World” mengatakan, teman masa kecilnya yang sangat ekstrovert bahkan  hampir tidak pernah keluar lagi di usianya yang menginjak kepala 3.

Benarkah kita menjadi lebih introvert seiring bertambahnya usia?

“Mungkin,” menurut Susan Cain, penulis “Quiet”.

Dalam tulisannya di Quiet Revolution, Cain menegaskan, kita bertindak lebih introvert saat kita menua. Para psikolog menyebut fenomena ini sebagai “kematangan intrinsik,” dan itu berarti kepribadian kita menjadi lebih seimbang saat kita semakin tua. “Sejenis anggur terbaik yang meleleh seiring bertambahnya usia,” tulis Cain.

Umumnya, orang menjadi lebih stabil secara emosional, menyenangkan, dan teliti ketika mereka meninggalkan masa muda mereka. Mereka juga menjadi lebih tenang dan lebih mandiri, membutuhkan lebih sedikit bersosialisasi dan kegembiraan untuk menjadi bahagia.

Psikolog telah mengamati kematangan intrinsik pada orang-orang dari Jerman, Inggris, Spanyol, Republik Ceko, dan Turki. Mereka juga melihat itu terjadi pada simpanse dan monyet.

Dan dari sudut pandang evolusi, menjadi lebih "introvert" di usia yang makin tua adalah masuk akal. Dan itu mungkin hal yang baik. Namun bagi seseorang yang berkepribadian introvert sejak kecil, mereka akan tetap menjadi introvert, bahkan ketika berusia 85 tahun sekalipun. Namun jika Anda seorang ekstrovert, meskipun akan sedikit berkurang seiring bertambahnya usia, maka Anda akan selalu berkepribadian ekstrovert di inti kepribadian Anda.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)