• KANAL BERITA

Sudahkah Anda Menjalani Hidup seperti yang Diinginkan?

Ulasan Stephen Joseph Ph.D., Ahli Psikologi Positif

Foto: Seanwes
Foto: Seanwes

Psikologi - Abraham Maslow, pencetus psikologi humanis mengatakan, 'seorang musisi tentu membuat musik, seorang seniman tentu melukis dan seorang penyair tentu menulis, jika dia berdamai dengan dirinya sendiri'. Maksudnya, kepuasan sejati datang saat kita menjalani hidup kita sedemikian rupa sehingga kita bermain dengan bakat dan minat kita.

Tentu situasi ini sangatlah penting. Namun banyak orang-orang di luar sana yang menjalani kehidupan di luar minat mereka.

Saat usia anak-anak, banyak dari kita didorong oleh orang tua, guru, dan orang-orang dewasa lainnya untuk mengejar jalan hidup tertentu. Tapi ini sudah lama terjadi, sehingga kita mungkin tidak menyadari bagaimana nilai dan keyakinan orang-orang dewasa saat itu menentukan hidup kita hari ini.

Carl Rogers, seorang psikolog terkenal, berbicara tentang kondisi yang berharga. Maksudnya, bagaimana orang tua dan orang dewasa lainnya memberikan tekanan sosial pada anak-anak mereka untuk mengembangkan kemampuan tertentu dengan rasa sayang mereka. Para peneliti telah mempelajari ini dengan bertanya kepada orang-orang: apakah mereka setuju dengan pernyataan di bawah ini.

1. Sebagai seorang anak, orang tuaku hanya menunjukkan rasa sayangnya saat aku berlaku baik di sekolah.
2. Sebagai seorang anak, orang tuaku menunjukkan rasa sayang yang lebih saat aku berkelakuan baik.
3. Sebagai seorang anak, orang tuaku hanya menunjukkan rasa sayangnya saat aku berlaku baik di bidang olahraga.

Mereka yang setuju dengan pernyataan di atas mungkin menjalani kehidupan bahwa hidup mereka berisi hal-hal yang harus dilakukan, daripada apa yang ingin mereka lakukan. Mereka didera rasa bersalah dan malu ketika mereka gagal dan cenderung mengalami kepuasan sesaat ketika mencapai kesuksesan. Tak peduli seberapa besar kesuksesan Anda, jika Anda mengikuti jalan hidup yang salah, Anda akan merasakan ketidakpuasan yang mendalam dengan semua pencapaian Anda. Carl Rogers menyebut, perkembangan kesehatan psikologis terjadi saat tujuan hidup kita benar-benar apa yang kita inginkan.

Carl Rogers mengembangkan sebuah psikoterapi "Client-Centered Therapy", di mana orang dapat dibantu untuk menjadi lebih sadar akan kondisi nilai mereka, dan pada gilirannya mencari tahu apakah tujuan yang mereka miliki dalam hidup adalah milik mereka sendiri atau benar-benar dari orang tua mereka dan pengasuh lainnya.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi lebih benar bagi diri kita sendiri dan membuat keputusan untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan kekuatan, talenta, dan minat kita. Berlatihlah untuk menjadi diri Anda yang sebenarnya sekarang juga dan di setiap waktu. Selamat mencoba!
 


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)