• KANAL BERITA

Smartphone Microsoft Gandeng Android, Sesukses Apa?

Windows Phone, smartphone Microsoft yang sempat flop di pasaran. (Foto: Daily Express)
Windows Phone, smartphone Microsoft yang sempat flop di pasaran. (Foto: Daily Express)

Gadget - Setelah menghentikan produksi merek Lumia tahun lalu, Microsoft sejauh ini masih belum memberikan kepastian resmi akan comeback ke pasar smartphone. Namun dari desas-desus yang banyak beredar, Microsoft akan merilis produk smartphone-nya sebelum akhir 2019. Menurut perwakilan Microsoft Store, perusahaan ini sedang mengerjakan sebuah ponsel yang akan menggunakan sistem oprerasi Google Android.

Ketika ditanya kapan Lumia akan kembali tersedia di pasar, perwakilan Microsoft Store justru mengatakan pembuat Windows Phone tengah berfokus pada rilis model baru. Dia memastikan ponsel baru ini "akan diperkuat dengan sistem Android". Dia juga menegaskan jika smartphone ini akan bermerek Microsoft. Meski belum bisa dibayangkan bentuk smartphone Androis buatan Microsoft ini, namun yang pasti informasi ini belum bisa dikatakan benar karena biasanya dia tidak memiliki informasi yang memadai seputar produk yang akan datang.

Memang sampai hari ini belum ada kapan tanggal rilis pastinya, namun ada peluang smartphone berbasis Microsoft itu akan dibuat akhir tahun ini. Sejumlah rumor menyebut Surface Phone akan tertunda hingga akhir 2019.

Lalu, apakah smartphone Microsoft Android ini bisa mendulang sukses? Seperti kita tahu, sistem operasi Windows Phone gagal meraup popularitas pada masanya.  Bahkan, Microsoft memperoleh lebih banyak dari penjualan perangkat Android berkat perjanjian lisensi dengan Android OEM. Microsoft juga menawarkan berbagai aplikasi untuk sistem operasi Android saat ini dan telah bermitra dengan Samsung untuk smartphone Galaxy dengan aplikasi Microsoft pilihan dari pabrik.

Jika Microsoft benar-benar bekerja pada smartphone Android, pasti akan menampilkan aplikasi Microsoft bersama dengan kustomisasi lainnya. Meskipun Microsoft tampaknya telah menyerah menciptakan sistem operasi seluler baru untuk smartphone, setidaknya bisa dilakukan dengan mengintegrasikan beberapa fitur Windows Phone ke Android. 


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)