Badai Sitokin Berpotensi Mematikan, Ini yang Harus Dipahami Penderita Covid-19

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 17:46 WIB
Kasus baru covid-19. (foto: pikiran rakyat)
Kasus baru covid-19. (foto: pikiran rakyat)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Salah satu dampak Covid-19 yang mematikan adalah ketika terjadi “badai sitokin” di dalam tubuh. Deddy Corbuzier adalah salah satu selebritas yang pernah mengalami badai sitokin usai dinyatakan positif Covid-19.

“Saya sakit, saya kritis dalam waktu tiga hari dan ada kemungkinan besar meninggal,” kata Deddy dalam podcast di kanal Youtube Deddy Corbuzier pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Badai sitokin merupakan reaksi tubuh yang terjadi akibat Covid-19. Kondisi ini berpotensi mematikan lantaran sel imun menyerang jaringan tubuh yang sehat, sehingga tubuh melepaskan banyak sitokin ke dalam darah dalam waktu cepat.

Akibatnya sel imun justru menyerang jaringan dan sel tubuh yang sehat yang menyebabkan terjadinya peradangan. Biasanya, badai ini terjadi di jaringan paru-paru dan pembuluh darah pada pasien Covid-19.

Baca Juga: Kabar Baik, Insentif Guru Madrasah Non PNS Dicairkan September 2021

Secara umum, gejala tubuh mengalami badai sitokin mirip dengan Covid-19 pada umumnya.

sesak napas 6-7 hari setelah gejala Covid-19;Ruam kulitKelelahan; Pembengkakan di tungkai; Mual dan muntah; Nyeri otot dan persendian; Demam dan kedinginan (menggigil)Sakit kepala; Batuk; Napas cepat; Kejang dan sulit mengendalikan gerakan; Kebingungan dan halusinasi; Tekanan darah sangat rendah; Penggumpalan darah

Pasien yang mengalami badai sitokin memerlukan perawatan di unit perawatan insentif (ICU). Berikut ini perawatan yang dilakukan tenaga medis saat pasien mengalami badai sitokin.

Pemeriksaan D-dimer dan CRP (tes protein); Pemantauan intensif tekanan darah, denyut nadi, pernapasan dan suhu tubuh; Pemasangan ventilatorPemberian cairan infusPemantauan kadar elektrolit; Cuci darah (hemodialisis); Pemberian obat anakinra actemra (tocilizumab)

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X