Menengarai dan Merawat Kucing Hamil, Simak Pengetahuan Dasar dari Praktisi

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 08:36 WIB
Kucing hamil. (suaramerdeka.com / dok)
Kucing hamil. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para penyayang hewan rumahan terutama kucing, sering tidak menyadari kucingnya dalam kondisi hamil. Lalu, bagaimanan cara menengarai kehamilan kucing?

"Memeriksa kehamilan kucing kita bisa mengetahuinya dari beberapa ciri, misalnya kelenjar susu kucing menjadi lebih berwarna merah muda, selera makannya bertambah banyak, berat badannya naik, dan perutnya melebar," kata drh Heru Wahyono, praktisi hewan rumahan Jumat (13/8).

Manajer Operasional Animal Center Drh Nigroho Semarang ini menuturkan, kucing yang hamil juga bisa mengalami perubahan kebiasaan seperti lebih manja dan lebih sering tidur dibanding hari biasa.

"Jika memungkinkan, kita bisa membawa kucing hamil ke dokter hewan untuk diperiksa," kata dia.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Persilahkan Haters Menghujat Dirinya: Asal Jangan Sampai ke Orang Tua dan Anak

Kehamilan kucing umumnya berlangsung selama 58-67 hari. Pada saat kehamilan kucing berusia sekitar 42 hari, dokter bisa membantu melihat ada berapa banyak anak kucing yang dikandung induknya.

"Ini bisa membantu kita menentukan apakah kita akan merawat semua anak kucing atau akan memberikan anak kucing itu untuk diadopsi. Saat kucing hamil, sebaiknyak tidak divaksin, karena bisa mempengatuhi perkembangan janin," Demikian Heru Wahyono.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Reguk Kesegaran Buah Semangka, Tiga Manfaat bagi Tubuh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:54 WIB

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB
X