Jangan Sepelekan! Pemberikan Makan Ikan Nila Gak Sembarangan Lho, Begini Cara yang Efektif dan Efisien

- Jumat, 3 Februari 2023 | 14:11 WIB
Jangan Sepelekan! Pemberikan Makan Ikan Nila Gak Sembarangan Lho, Begini Cara yang Efektif dan Efisien (foto : sumbarprov.go.id)
Jangan Sepelekan! Pemberikan Makan Ikan Nila Gak Sembarangan Lho, Begini Cara yang Efektif dan Efisien (foto : sumbarprov.go.id)

SUARAMERDEKA.COM - Masih banyak yang sering menyepelekan pemberian pakan pada ikan Nila. Katanya, karena ikan Nila merupakan hewan omnivora, maka tidak perlu penanganan khusus saat pemberian pakan.

Sangat salah! keberhasilan budidaya ikan Nila juga terletak pada pemberian pakan. Pembudidaya ikan Nila yang dapat menebar pakan dengan baik terbukti sukses panen.

Kabar baiknya, memberi atau penyebaran pakan ikan Nila dapat dipelajari mudah oleh pembudidaya ikan Nila baik yang sudah berpengalaman maupun pemula.

Baca Juga: Pakan Alternatif Ini Cocok Buat Gantikan Pakan Mahal yang Biasa Kamu Beli Untuk Budidaya Ikan Nila Milikmu

Pemberian pakan merupakan hal yang sangat penting bagi pembudidaya ikan Nila. Bahkan, dalam budidaya ikan Nila, biaya pakan menguasai hampir 70 persen biaya produksi.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aturan pemberian pakan ikan Nila agar lebih efektif dan sesuai dengan pola makannya

Lalu bagaimana cara pemberian pakan ikan Nila yang benar, agar ikan Nila tidak mati dan berhasil panen? Berikut ulasannya dikutip dari akun youtube Bang Gulio.

Baca Juga: Ganti Pakan Ikan Nila Kamu yang Mahal Pakai Ini! Murah, Gampang Didapat, Ikan Nila Jadi Kualitas Premium

 

1. Perhatikan Ukuran Pakan Nila

Ukuran pelet yang sesuai dan benar membuat penggunaan ikan Nila lebih efisien dan maksimal. Pada titik ini, penting untuk mengetahui ukuran umum Nila yang Anda budidayakan.

Gunakan ukuran pelet yang tepat untuk mencapai tingkat pertumbuhan ikan Nila yang sesuai target dan menjaga pembiayaan pemberian pakan agar tetap efektif dan efisien.

Biasanya pelet ikan Nila yang tersedia di pasaran terdiri dari ukuran 4, 3, 2. Maka dari itu, Anda harus menyesuaikan dengan ukuran ikan Nila.

Misalnya, jika ikan Nila yang Anda budidaya ukurannya bervariasi, ada yang besar atau kecil, Anda bisa mencampurkan ketiga ukuran pakan tersebut.

Baca Juga: Tambahkan Hal Ini, Maka Abrakadabra, Bau Busuk Tak Enak dari Kolam Ikan Lele Anda Akan Hilang Seketika

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X