Gak Cuma Ikan Lele, Ikan Bawal Juga Bisa Mendatangkan Cuan, Pelajari Jenisnya Sebelum Mulai Budidaya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:52 WIB
Gak Cuma Ikan Lele, Ikan Bawal Juga Bisa Mendatangkan Cuan, Pelajari Jenisnya Sebelum Mulai Budidaya (foto : perikanan.sariagri.id)
Gak Cuma Ikan Lele, Ikan Bawal Juga Bisa Mendatangkan Cuan, Pelajari Jenisnya Sebelum Mulai Budidaya (foto : perikanan.sariagri.id)

SUARAMERDEKA.COM – Bagi anda yang ingin membudidayakan ikan bawal setidaknya anda perlu tahu jenis ikan bawal apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dan dapat menghasilkan cuan

Selain ikan lele, ikan bawal juga merupakan jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, para peternak ikan bawal tentu saja melirik ikan bawal untuk memancing keberuntungan di tahun 2023.

Jadi segera catat dan coba berbagai jenis ikan bawal yang bisa Anda pelihara langsung di rumah. Dengan mengetahui jenis-jenis Bawal akan lebih mudah untuk mengembangkan budidaya ikan bawal.

Baca Juga: Jalan Keluar Pakan Ikan Lele Mahal! Pakai Pakan Ini Selain Lebih Murah Juga Gampang Didapat, Lele Auto Gemuk

Berdasarkan asalnya, ada dua jenis ikan bawal yaitu ikan bawal air tawar dan ikan bawal air laut. Kedua jenis ikan bawal ini memiliki daging yang tebal dan gurih, sehingga permintaan ikan bawal meningkat setiap tahunnya.

Salah satu ciri ikan bawal adalah waktu pertumbuhannya yang cukup cepat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk mendapatkan 1 kg ikan bawal.

Ditambah lagi, ikan bawal juga termasuk ikan yang mudah diolah ke berbagai menu masakan indonesia. Harga jualnya juga tinggi karena banyaknya permintaan dari restoran atau konsumsi sehari-hari di rumah.

Indukan ikan bawal biasanya bisa menetaskan hingga 100.000.000 telur, tambah untung lagi karena lagi harga pasar ikan bawal bisa naik hingga Rp. 55.000,- per Kg.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Ketahui Dulu Jenis Kolam yang Sesuai Kebutuhan dan Budget Budidaya Ikan Lele Kamu

Bawal juga merupakan ikan omnivora, sehingga ikan bawal dapat memakan apa saja. Tentunya, ini membuat pembudidaya Ikan Bawal tidak perlu terlalu khawatir dengan pakannya.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X