Cek Saturasi Oksigen saat Isoman, Cari Tahu dengan Hitung Napas

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 18:44 WIB
Hitung napas/Ilustrasi Wikihow
Hitung napas/Ilustrasi Wikihow



JAKARTA, suaramerdeka.com - Indikator tingkat keparahan pasien Covid-19 bisa dilihat dari tingkat saturasi oksigen. Untuk mengukurnya, Oximeter bisa digunakan untuk mendeteksinya.

Namun, apabila harus menjalani isolasi mandiri, dan tidak memiliki Oximeter karena kendala biaya atau sulit mendapatkannya, Anda bisa mencari tahu tingkat saturasi oksigen melalui metode hitung napas.

"Catat suhu dan saturasi oksigen kalau punya oximeter, kalau tidak hitung napas," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/8).

Seseorang dalam kondisi sesak napas apabila napasnya di atas 24 kali per menit. Pada kondisi normal, seseorang akan bernapas 16-20 per menit untuk memenuhi kebutuhan oksigennya.

Baca Juga: Ini 3 Produk Kredit Tanpa Agunan Berbunga Rendah dan Tenor Panjang

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prikasih, dr. Gia Pratama, mengatakan pasien Covid-19 dengan keluhan saturasi oksigen rendah mungkin terasa terlalu sesak untuk menarik atau menghembuskan napas sepenuhnya.

Dibutuhkan usaha yang lebih besar hanya untuk mengambil sebuah napas pendek. Kondisi ini membuat pasien Covid-19 yang mengeluhkan sesak napas merasa terengah-engah. Dr Gia mengibaratkan kondisi ini dengan bernapas melalui sedotan.

"Daya tampung dan kapasitas paru-paru bagus, besar, bisa memuat berliter-liter udara masuk. Nah kalau paru-parunya (terkena COVID-19), boro-boro berliter-liter, baru sekian ratus mililiter juga sudah butuh napas lagi, makanya jumlah napasnya jadi tinggi. Napasnya pendek-pendek, apalagi kalau jumlah napasnya di atas 24 kali mulai cek ada apa di paru-parunya,"ujarnya.

Gia mengingatkan kepada pasien Covid-19 yang memiliki oximeter untuk selalu mengecek saturasi oksigennya serta memastikan angka nya tidak boleh kurang dari 94%.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X