Jangan Minum Obat Dulu, Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Mengobati Flu, Demam dan Pusing

- Kamis, 8 Desember 2022 | 19:48 WIB
Jangan Minum Obat Dulu, Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Mengobati Flu, Demam dan Pusing (pixabay.com)
Jangan Minum Obat Dulu, Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Mengobati Flu, Demam dan Pusing (pixabay.com)

SUARAMERDEKA.COM - Akhir-akhir ini banyak terjadi larangan peredaran obat sirup dan beberapa obat lainnya dikarenakan terjadinya kasus gagal ginjal anak yang sudah banyak memakan korban.

Di tengah polemik tersebut muncul berbagai macam solusi salah satunya adalah menggunakan tanaman obat.

Tanaman obat sendiri yaitu tanaman  yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, melakukan funsgi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur.

Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (balittro.litbang.pertanian.go.id) terdapat beberapa tanaman obat yang dapat mengobati flu, pusing, demam, bahkan berbagai macam penyakit lain.

Baca Juga: Siapa Tahu Cuan, 7 Tanaman Hidroponik Berikut Layak Untuk Ditanam dan Dijual

  1. Jahe

Jahe merupakan bahan masakan yang sangat popular di masyarakat Indonesia. Jahe sendiri memiliki 2 jenis yaitu jahe putih kecil dan jahe merah. Selain untuk bahan masakan jahe sendiri sering digunakan sebagai obat.

Kandungan senyawa dalam jahe dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, tidak hanya itu jahe juga biasanya diolah menjadi minuman yang dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

  1. Kunyit

Kunyit sendiri merupakan salah satu rempah yang berasal dari India. Sama seperti jahe, selain sebagai bahan masakan kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat yang dapat mencegah antikanker, radang sendi dan juga masalah kulit.

Kunyit sendiri biasanya diolah menjadi jamu untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Gampang Banget! Cukup Gunakan 1 Bahan Ini, Jamur Pada Daun Tanaman Hias Langsung Musnah Tak Berbekas

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X