Harus Isolasi Mandiri? Perhatikan Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi makanan dan minuman. /suaramerdeka.com /istimewa
Ilustrasi makanan dan minuman. /suaramerdeka.com /istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Saat isolasi mandiri atau isoman, pasien Covid-19 perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan maupun minuman yang kurang tepat bisa memperlambat proses pemulihan alih-alih mempercepat pemulihan.

Seperti diungkapkan Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia M.Gizi.,RD., pasien isoman disarankan mengonsumsi makanan yang beragam sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

Seperti dilansir dari laman resmi UGM, dia menyebut, tidak ada satu jenis bahan makanan dengan kandungan gizi yang lengkap.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 Luput dari Prediksi, Pemda Diminta Tak Ragu Refocusing Anggaran

“Kalau untuk pasien isoman sebenarnya tidak ada spesifik satu jenis makanan apa yang perlu dikonsumsi karena tidak ada super food. Namun, dianjurkan konsumsi makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein sebab saat seseorang terkena infeksi kebutuhan akan energi dan proteinnya lebih tinggi dari biasanya,” urainya, Rabu (4/8).

Menjaga asupan vitamin dan mineral tercukupi, juga perlu dilakukan pasien isoman. Tak lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur yang cukup.

Namun, Dosen Departemen Gizi dan  Kesehatan FKKMK UGM ini juga merekomendasikan pasien isoman untuk menghindari makanan maupun minuman yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemak.

Baca Juga: Ketahanan Pangan yang Sehat dan Keberkahan Jadi Fondasi Bangsa Indonesia

Sebab, selain berisiko memperburuk peradangan, konsumsi makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih juga dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lainnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Budaya Hidup Sehat, Ini Tips Cegah Gigi Berlubang

Minggu, 28 November 2021 | 18:39 WIB

Ini Manfaat Lumut Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kamis, 25 November 2021 | 23:16 WIB

6 Minuman Ini Bersihkan Ginjalmu

Kamis, 25 November 2021 | 20:55 WIB

Inilah Tujuh Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Kamis, 25 November 2021 | 08:53 WIB
X