Benarkah Beternak Kambing Lebih Mudah? Simak Saran Praktisi Sebelum Memulai

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:00 WIB
Para dokter hewan baru memeriksa kesehatan kambing di lingkungan Animal Center drh. Nugroho. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)
Para dokter hewan baru memeriksa kesehatan kambing di lingkungan Animal Center drh. Nugroho. (suaramerdeka.com / dok Animal Center)

SUARAMERDEKA.COM - Usaha peternakan masih menjadi dan akan terus menjadi kegiatan ekonomi sentral, di mana salah satunya adalah beternak kambing.

Beternak kambing bisa menjadi pilihan karena pasar yang masih luas.

Namun, benarkah beternak kambing dan domba relatif lebih mudah ketimbang sapi atau kerbau?

Baca Juga: Dampak Merusak Gempa Cianjur, Geolog UGM: Sumber Dekat Permukaan, Magnitudo Cukup Besar

"Daya adaptasi pada lingkungan dasarnya yang tinggi itulah yang membuat kambing dan domba banyak diternakkan orang," kata Roysandi, S.Pt, praktisi Animal Center Drh. Nugroho 2 Semarang, Sabtu 26 November 2022.

Kelebihan lain, usaha ternak kambing ini bisa dilakukan di mana pun, seperti di daerah pantai yang panas sampai daerah pegunungan yang dingin.

Bahkan ada beberapa daerah tertentu yang bisa membuat pertumbuhan kambing makin optimal.

Baca Juga: Kabar Buruk untuk Brasil! Neymar Cedera Pergelangan Kaki, Dipastikan Absen Kontra Swiss

Para dokter hewan dan ahli peternakan sepakat, daerah yang baik bagi kambing dan domba adalah yang bertemperatur sekitar 25–30°C dengan tingkat kelembaban udara tidak begitu tinggi.

Tapi ingat, daerah dengan tingkat hujan tinggi kurang baik bagi kambing, walaupun daerah tersebut dapat menyediakan sumber pakan hijauan yang banyak.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X