Long Covid-19 Rusak Sel Pankreas, Perparah Diabetes Melitus

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:46 WIB
Pengidap diabetes tengah cek gula darah. (foto: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)
Pengidap diabetes tengah cek gula darah. (foto: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - sebuah penelitian yang dilakukan oleh King’s Collage, London dan Universitas Monash, Australia, menyebutkan banyak bukti yang menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menimbulkan keparahan pada pasien yang menderita diabetes melitus.

Selain itu, seperti dikutip dari Katadata.co.id, orang yang sembuh dari paparan virus dan mengalami long Covid-19 dapat menderita diabetes melitus karena sel pankreas yang rusak.

Hal tersebut diungkapkan seorang ahli penyakit diabetes dari India, Dr. V. Mohan, yang mengatakan infeksi Covid-19 pada pankreas telah mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh banyak pasien.

Baca Juga: WhatsApp Rilis Fitur 'View Once', Gambar dan Video Hilang Otomatis Setelah Dilihat Penerima

“Ketika Covid-19 datang disertai dengan peningkatan stres dan depresi mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh banyak pasien,” kata Mohan, dikutip dari New Delhi Television (NDTV).

Selain itu, risiko diabetes meningkat tergantung dari konsumsi makanan pasien. Pasien yang terbiasa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat semakin tinggi risiko mengalami diabetes.

Direktur, Endokrinologi dan Diabetologi, Dr Sunil Kumar Mishra, menjelaskan insulin sangat penting dalam menjaga kadar gula dalam darah seseorang. Diabetes terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau berhenti memproduksi insulin sama sekali.

Baca Juga: Menlu RI: Indonesia dan AS Perkuat Kerja Sama Atasi Pandemi dan Stabilitas Kawasan

Konsultan Departemen diabetologi dan endokrinologi, Rumah Sakit Jaslok, Mumbai, Chandalia Shavial juga menyebutkan ada berbagai mekanisme yang dapat memicu gula darah tinggi pada masa long Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKFI Pastikan Pelayanan Klinik Sesuai Standar

Senin, 3 Oktober 2022 | 00:40 WIB
X