Kelompok Sangat Berisiko, Kemenkes Segera Beri Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:36 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi ibu hamil. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil sebagai perlindungan kepada sang ibu dan janin yang dikandungnya.

Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19. Dalam beberapa waktu terakhir, dilaporkan sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami gejala berat bahkan meninggal dunia.

Seperti dilansir dari laman Kemenkes, upaya pemberian vaksinasi Covid-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Angka Kematian Harian Covid-19 Nasional Tambah 1.568 Kasus, Jawa Timur Tertinggi

SE ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 2 Agustus 2021.

Terbitnya aturan ini, Kemenkes menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota , dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar segera memulai pemberian vaksinasi bagi ibu hamil terutama di daerah dengan tingkat penularan kasus Covid-19 tinggi.

Dalam aturan tersebut juga menjelaskan bahwa vaksinasi bagi ibu hamil masuk dalam kriteria khusus.

Oleh karenanya, proses skining/penapisan terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran lain.

Baca Juga: Bantu Vaksinasi, UPS Tegal Terjunkan 1.344 Mahasiswa KKN

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X