Ini Aturan Mengonsumi Obat dan Makanan Bagi Penderita Diabetes Saat Menjalani Puasa

- Sabtu, 5 November 2022 | 13:03 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - penderita diabetes melitus perlu memperhatikan beberapa hal ketika menjalani ibadah puasa, khususnya pada Bulan Ramadan.

penderita penyakit ini harus mengonsultasikan pada dokter, terkait dengan pilihan menu sahur atau menu buka yang dilarang dan dibolehkan. Begitu juga dengan aturan saat mengonsumi obat-obatan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, dr Nur Anna CS SpPD-KEMD FINASIM menjelaskan, cara berpuasa bagi orang sehat dengan penderita diabetes melitus tidaklah sama.

Baca Juga: Terkena Penyakit Diabetes, Coba Solusi Murah dengan Konsumsi Buah Pare untuk Meredakan

"Hal yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian dosis obat, suntikan insulin, termasuk jenis makanan apa saja yang boleh dan dilarang saat sahur maupun berbuka puasa," kata Anna.

Dia menyarankan agar penderita diabetes melitus melakukan latihan terlebih dahulu dengan menjalankan puasa sunah. Tujuannya agar tidak kaget saat menjalani puasa Ramadan.

Selain hal itu, pemilihan ragam menu juga penting untuk diatur. Pasalnya, jika tidak diatur terkait jenis makanan, penderita diabetes dikhawatirkan akan mengalami kekurangan cairan dan trombosit.

Baca Juga: Daun Katuk Sangat Manfaat Buat ASI Ibu Menyusui, Flu dan Diabetes Pun Lenyap, Murah Sehat Ragu Apalagi Mom

"Selain cara makan, cara minum obatnya harus benar, tepat, dan teratur. makanan juga wajib diperhatikan, sebab jika tidak, dikhawatirkan gula darah dapat meningkat drastis saat puasa," ujarnya.

Keterangan dokter tersebut disampaikannya saat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik "Pelatihan pasien dan Keluarganya dalam Persiapan Menjalankan puasa Ramadan dengan Penyesuaian Dosis Obat dan Insulin serta Mengatasi Efek Sampingnya" di RSI Sultan Agung, Jumat 4 November 2022.

Selain dr Anna, pemateri dalam kegiatan itu yakni Apt Farroh Bintang Sabiti MFarm, dan dimoderatori Siti Arofah SKM.

Baca Juga: Ini Dia Mom 13 Manfaat Ajaib Daun Katuk Selain Tambah ASI Busui, Flu dan Diabetes Pun Lenyap

Dia juga menjelaskan, penderita diabetes melitus perlu memilih menu yang rendah gula. Disarankan pula tidak mengonsumsi karbohidrat olahan.

"Bagaimana dengan makan kurma, apakah boleh? Ini sering ditanyakan pada pasien diabetes. Sebetulnya boleh, tetapi ada catatannya. Idealnya tidak lebih dari tiga butir, cukup satu sampai tiga saja, sekaligus diniatkan menjalankan sunah nabi," jelasnya.

Sedangkan minuman yang mengandung banyak kadar gula seperti kolak dan sejenisnya, pasien bisa menggantinya dengan jus buah murni tanpa ditambahkan gula.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X