Musim Hujan, Waspada! Beberapa Penyakit Mengintai Hewan Peliharaan, Apa Saja Itu?

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi penyakit yang mengancam hewan peliharaan. (Pixabay)
Ilustrasi penyakit yang mengancam hewan peliharaan. (Pixabay)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mewaspadai berbagai penyakit hewan peliharaan sangat mutlak saat tiba musim penghujan seperti sekarang ini.

Menurut drh. Wahyu Pertiwi, praktisi Animal Center Drh. Nugroho Semarang, ada beberapa jenis penyakit yang mengintai hewan peliharaan.

"Penyakit yang sering muncul pada pet antara lain dermatofitosis (jamur), panleukopenia, atau distemper, juga disebabkan oleh parvo virus, yang menyerang saluran pernafasan dan pencernaan, juga cat flu, leptospira (kencing tikus), dan pneumonia," kata Wahyu, Kamis 6 Oktober 2022.

Baca Juga: Diperiksa Hari Ini, Rizky Billar Bisa Dijemput Paksa, AKP Nurma Dewi: Kalau 2 Kali Tak Hadir

Langkah penanganan beberapa penyakit musiman itu, masih kata dokter hewan lulusan UGM Jogja ini, adalah dengan vaksinasi (untuk virusnya).

Kemudian, untuk jamur bisa cara grooming dengan obat jamur, pneumonia biasanya hindari tidur di tempat dingin dan lembab.

"Lalu, leptospirosis dari kencing tikus, untuk itu hindarilah tempat-tempat yang kotor," tandasnya.

Baca Juga: Lagi! Korea Utara Tembakkan Rudal Balistiknya, Kutuk Amerika Serikat Akan Posisi Kapal Induknya

Di sisi lain, drh Heru Wahyono, penanggungjawab Animal Center Drh Nugroho Semarang, kebanyakan pasien pet yang paling banyak adalah hewan dengan sekitar penyakit influenza, pada musim penghujan.

"Musim penghujan ditandai dengan meningkatnya intesitas hujan dari hari ke hari disertai angin yang kencang dan perubahan cuaca secara ekstrem. Pada hewan kesayangan perubahan cuaca ini sangat berpengaruh. Penyakit hewan yang perlu diwaspadai adalah kembung, diare dan pilek," kata drh Heru Wahyono.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hanya 500 Perak? Bisa Obati Perkutut Cacingan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:44 WIB

Dongeng Anak : Janu dan Merpati Dalam Sangkar

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:20 WIB
X